Warga Korban Gempa Bumi di Bantul dan Gunung Kidul dapat Bantuan Bahan Bangunan.
Sumber :
  • tvOne - m habib

Rumah Rusak, Warga Korban Gempa Bumi di Bantul dan Gunung Kidul dapat Bantuan Bahan Bangunan

Kamis, 13 Juli 2023 - 14:40 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Bencana gempa bumi yang mengguncang wilayah Yogyakarta pada 30 Juni 2023 lalu, telah menyebabkan sejumlah kerusakan pada rumah-rumah warga dan fasilitas umum, seperti sekolah dan rumah ibadah. Jenis kerusakan yang banyak ditemui, seperti tembok retak hingga ambrol, serta genting dan plafon yang mengalami runtuh, Kamis (13/7).

Agar bangunan fasilitas umum dan rumah-rumah warga yang mengalami rusak, bisa kembali digunakan dan aman bagi keselamatan warga, SIG bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul dan Gunung Kidul, Yogyakarta, menyalurkan bantuan bahan bangunan berupa semen untuk perbaikan rumah warga, fasilitas pendidikan dan rumah ibadah yang terdampak gempa bumi pada 30 Juni 2023 lalu.

Pemberian bantuan bahan bangunan berupa semen itu disambut senang hati oleh warga. Salah seorang penerima bantuan, Ibu Boniyem (73) sangat bahagia saat tim dari Corporate Social Responsibility (CSR) SIG beserta BPBD Kabupaten Bantul mengunjungi rumahnya di Desa Ngemplak, Kelurahan Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul.

Kerusakan yang menimpa rumahnya akibat gempa bumi memang tercatat sebagai yang terparah dibandingkan penerima bantuan lainnya. Tidak hanya mengalami retak-retak, tembok di beberapa bagian rumahnya juga hampir roboh, sehingga harus disangga dengan kayu. Sebagian atap dan genting juga runtuh, serta sejumlah pintu dan jendela rumah juga tidak presisi akibat posisi tembok bergeser.

Akibat kerusakan parah yang menimpa rumahnya, Ibu Boniyem saat ini mengungsi ke rumah adiknya yang berada tidak jauh dari rumahnya, karena khawatir rumahnya bisa saja runtuh sewaktu-waktu.

“Saya ucapkan terima kasih sudah diberikan bantuan. Semoga dapat memperbaiki kerusakan sehingga saya bisa kembali ke rumah saya dan tinggal dengan aman,” ungkap Boniyem.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ibu Sarni (52 tahun), warga Desa Tambakrejo, Keluruhan Sodo, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul. Wanita yang kesehariannya bekerja sebagai perajin tampah ini sangat bersyukur mendapat bantuan dari SIG untuk perbaikan rumahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral