Situasi di Nganjuk Jumat malam.
Sumber :
  • umar sanusi

Kepala BPBD Nyatakan Tak Ada Kerusakanan di Nganjuk Akibat Gempa Jogja

Sabtu, 1 Juli 2023 - 09:12 WIB

Nganjuk, tvOnenews.com - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 terjadi sekitar 86 kilometer barat daya Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (30/6) pukul 19.57 WIB.

Gempa yang terjadi di kedalaman 25 kilometer dan tidak berpotensi tsunami tersebut, juga terasa hingga wilayah  Nganjuk, sehingga sejumlah warga yang merasakan getaran sempat berhamburan keluar rumah.

"Waktu kejadian tadi malam saya memang pas tidak di dalam rumah, karena perjalanan dari Kediri. Saya tanya teman-teman memang merasakan tapi hanya sebentar," jelas Abdul Wakid Kepala BPBD Nganjuk Sabtu (1/7) pagi.
 
Malam itu juga, lanjut Abdul Wakid, BPBD langsung berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait serta mengumpulkan laporan dari seluruh wilayah Kabupaten Nganjuk. Hasilnya, hingga Sabtu pagi belum ada laporan adanya kerusakan baik rumah warga maupun fasilitas umum.

“Kita kumpulkan laporan dari mana-mana, dari camat, kepala desa  termasuk dari Babinsa. Alhamdulillah tidak ada yang melaporkan terjadi kerusakan,” kata Abdul Wakid.
 
Untuk agenda Sabtu pagi ini, lanjut Abdul Wakid, BPBD juga masih memantau kemungkinan ada dampak yang lain dari terjadinya gempa yang tersa hingga Nganjuk tersebut. Namun belum akan turun langsung ke desa-desa karena hari ini masih masuk hari libur dan masih konsentrasi upacara HUT Bhayangkara ke-77.

"Pagi ini kita upacara dan nanti ada resepsi HUT Bhayangkara," imbuh Abdul Wakid, sambil mengatakan juga akan terus mengikuti perkembangan dampak yang terjadi di DIY.

Untuk mengirimkan bantuan tenaga dan relawan bencana ke DIY, terang Abdul Wakid, BPBD Nganjuk selalu siap. Tetapi masih harus melalui prosedur.

"Kita menunggu perintah dari BPBD Jawa Timur. Jalurnya seperti itu. Selain itu BPBD Jawa Timur yang mengetahui apa saja yang diperlukan di lapangan," pungkas Abdul Wakid. (usi/far)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral