Peserta operasi katarak gratis jalani skrining di RSUD Temanggung, Kamis (17/11/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Purnomo

Sebanyak 66 Warga Temanggung Terima Bantuan Operasi Katarak Gratis dari Kementrian Sosial

Kamis, 17 November 2022 - 13:06 WIB

Temanggung, Jawa Tengah - Sebanyak 66 warga Temanggung, Jawa Tengah, mendapatkan bantuan operasi katarak gratis. Operasi katarak gratis program  Kementerian Sosial ini sekaligus memperingati Hari Disabilitas Internasional 2022.

Dalam kegiatan ini, pihak RSUD Temanggung bekerja sama dengan sentra terpadu kartini Temanggung menggelar layanan operasi katarak gratis.  Kegiatan ini didanai oleh Kementrian Sosial melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung.

Peserta akan dioperasi dengan mesin fakoemulsifikasi untuk operasi katarak, yang merupakan alat yang canggih. Sehingga, operasi dan penyembuhannya berjalan lebih cepat.

Direktur RSUD Kabupaten Temanggung Tetty Kurniawati menyampaikan, selain operasi, pihaknya juga menyediakan dokter mata dan kebutuhan lainnya untuk skrining, pemeriksaan laboratorium dilakukan sebelum pelaksanaan operasi dan saat kontrol setelah operasi.

Kegiatan ini terbuka untuk masyarakat Temanggung, namun apabila ada warga dari luar Temanggung akan tetap difasilitasi. Biaya untuk operasi katarak secara mandiri berkisar antara 5 hingga 6 juta rupiah per mata.

“kegiatan ini merupakan kerjasama rsud kabupaten temanggung dengan sentra terpadu temanggung untuk pelayanan operasi katarak gratis kegiatan ini didanai oleh kementrian sosial melalui sentra terpadu kartini dengan jumlah sebanyak enam puluh enam peserta, tidak hanya warga temanggung, dari luar kota temanggung akan tetap kita layani dan fasilitasi dengan mesin yang lebih canggih” kata Tetty Kurniawati.

Kegiatan ini dilakukan berdasarkan arahan mentri sosial, dan dilaksanakan hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Salah satunya adalah yang dilakukan Sentra Terpadu Kartini Temanggung di empat kabupaten. Yakni, Temanggung, Wonosobo, Kabupaten dan Kota Tegal.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral