Pondasi rumah tergantung akibat erosi Kali Klawing Purbalingga, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Kali Klawing Purbalingga Kerap Meluap, 22 Rumah Terancam Roboh Akibat Erosi

Selasa, 22 Maret 2022 - 12:02 WIB

Purbalingga, Jawa Tengah - Intensitas hujan yang tinggi, membuat Kali Klawing Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah meluap. Arus deras kali membuat erosi dan mengancam 22 rumah di tepian. Sejumlah rumah, susah rusak karena pondasi tergerus erosi. 

Kepala BPBD Purbalingga Umar Fauzi kepada wartawan, Selasa (22/3/2022) membenarkan kejadian ancaman erosi di Kali Klawing tersebut.

"Terjadi bencana berupa longsoran permukiman, jumlahnya tadi 22 rumah di Kelurahan Bancar, tepatnya RT 1 RW 1," ujarnya. 

Peristiwa itu, lanjut Umar disebabkan debit airmeningkat dan aliran Kali Klawing yang mulai berubah arah menabrak permukiman. Jika dibiarkan akan berdampak makin luas.

"Aliran sebenarnya di sebelah timur mulai menjadi dataran atau delta, sudah menjadi pekarangan luas. Ini tentu kalau dibiarkan permukiman sisi barat, akan habis diterjang air," katanya. 

BPBD sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Purbalingga, untuk melakukan rekonstruksi kembali aliran sungai. Agar aliran sungai tidak makin menggerus permukiman.

Di lokasi, terlihat sejumlah bangunan rumah sudah dalam kondisi menggantung terdampak erosi Kali Klawing. Sementara hujan dengan intensitas tinggi terus terjadi di wilayah Purbalingga.(Sonik Jatmiko/Buz)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral