Petugas KAI Daop 5 Purwokerto Mengecek Lokasi Rawan Bencana di Sepanjang Jalur Rel Kereta..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Cuaca Buruk, KAI Waspadai Sembilan Titik Rawan Bencana di Sepanjang Jalur Purwokerto

Rabu, 16 Maret 2022 - 11:24 WIB

Purwokerto, Jawa Tengah - Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Jawa Tengah menimbulkan bencana banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah. PT KAI Daop 5 Purwokerto menyebut ada sembilan titik rawan bencana di sepanjang jalur KA Purwokerto, mulai Brebes, Cilacap hingga Purworejo. 

Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Ayep Hanapi dalam release tertulis, Rabu (16/3/2022) menyatakan, pihaknya telah memetakan titik-titik rawan bencana di sepanjang jalur KA. Setidaknya terdapat sembilan titik rawan bencana, baik banjir, longsor, maupun tanah amblas.

"Selama musim hujan yang berlangsung beberapa waktu terakhir, memang belum ada kejadian. Meski demikian, kami melakukan upaya pencegahan-pencegahan," ujarnya.

Oleh karenanya, di titik-titik rawan bencana, telah dipantau. Daerah-daerah rawan bencana tersebar di sejumlah titik di antaranya di wilayah Brebes, Banyumas, dan Cilacap. 

Lebih lanjut, Ayep merinci lokasi daerah rawan di antaranya petak jalan antara Notog-Kebasen, yaitu rawan longsor karena adanya tebing curam dan dinding tebing sudah mulai terkikis. Petak jalan antara Banjar-Langen, Meluwung-Cipari, Kawunganten-Jeruklegi dan JerukLegi-Lebeng  merupakan daerah rawan longsor. 

Sedangkan petak jalan antara Prupuk-Legok, Karangsari-Karanggandul dan Kawungganten-Jeruklegi, merupakan daerah rawan banjir. 

"Untuk daerah rawan tanah ambles telah kami petakan di petak jalan antara Linggapura-Bumiayu dan Gandrungmangun-Kawunganten," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral