Cagub Jawa Tengah Ahmad Luthfi mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Juwana, Kabupaten Pati..
Sumber :
  • Tim tvOne - Tim tvOne

Blusukan ke Nelayan TPI Juwana, Ahmad Luthfi Fokus Masalah Kesejahteraan dan Peningkatan Nilai Jual Ikan

Senin, 14 Oktober 2024 - 11:04 WIB

Pati, tvOnenews.com - Calon Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Juwana, Kabupaten Pati, Senin (14/10/2024). 

Dalam agenda blusukan tersebut Luthfi berinteraksi langsung dengan para nelayan dan pemilik kapal untuk mendengarkan keluhan serta memahami persoalan yang mereka hadapi dalam industri perikanan. 

Kunjungan ini bertujuan untuk mencari solusi nyata guna meningkatkan kesejahteraan nelayan dan mendorong harga ikan yang kompetitif.

“Kita belanja masalah di sini, mulai dari anak buah kapal (ABK), nelayan sebagai leading sector, pemilik kapal, hingga proses di TPI dan distribusi ikan. Hari ini kami verifikasi persoalan-persoalan ini. Bahan yang kita dapatkan akan saya olah agar nelayan bisa lebih sejahtera," ujar Ahmad Luthfi.

Salah satu masalah yang disoroti Luthfi adalah kesulitan dalam mencari anak buah kapal (ABK) dan beban berat yang dihadapi mereka akibat kebijakan pembagian hasil tangkapan. 

Kebijakan pusat yang mewajibkan ABK mendapatkan 10 persen dari hasil harga ikan ternyata dianggap memberatkan. 

"Mencari ABK itu susah, dan di situ ada kebijakan yang harus disinkronkan dengan pusat, karena 10 persen dari harga ikan ini ternyata memberatkan ABK," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:56
05:39
02:50
13:00
05:37
01:05
Viral