Petugas RPH Sokaraja memperlihatkan hati yang terinfeksi cacing..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Petugas Kesehatan Temukan Cacing Hati pada Hewan Kurban di Kabupaten Banyumas

Senin, 17 Juni 2024 - 11:01 WIB

Banyumas, tvOnenews.com - Petugas medis hewan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menemukan cacing hati dari tiga ekor sapi kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Sokaraja, Senin (17/06/2024). Untuk keamanan, hati yang terinfeksi cacing, disita oleh petugas.

"Ini tadi kita sudah potong tiga ekor sapi, kita periksa. Ternyata semua terinfeksi," ujar Kepala RPH Sokaraja, Darsono, kepada wartawan.

Meski terinfeksi, ujar Darsono, sesaat usai dipotong dan dikuliti, hati sapi terlihat bagus. Baik dari bentuk maupun warna hati.

"Tetapi, setelah dilakukan pemeriksaan dengan cara dibelah, baru terlihat cacing-cacing yang terinfeksi," ujarnya lagi.

Pemeriksaan memang harus dipotong atau dibelah. Bahkan, untuk menemukan cacing di organ hati, harus jeli. Karena warna dan bentuknya mirip bagian dari organ.

Darsono menyebut, penyebab sapi terinfeksi cacing, salah satunya karena pakan. Biasanya, peternak yang mencari rumput terlalu pagi, saat belum terkena sinar matahari, sapi lebih rentan terinfeksi cacing. 

Temuan cacing di hati sapi kurban, langsung ditindaklanjuti. Organ hati disita oleh pihak RPH untuk langsung dimusnahkan dengan cara dikubur.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral