Kapal ikan bersandar di dermaga TPI Tasikagung, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Selasa (4/1/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Nelayan Rembang Berhenti Melaut Akibat Cuaca Buruk, Harga Ikan Naik

Selasa, 4 Januari 2022 - 20:18 WIB

Rembang, Jawa Tengah - Cuaca buruk angin kencang disertai gelombang tinggi diperairan Laut Jawa, membuat pasokan ikan di TPI Tasikagung Rembang, Jawa Tengah, sedikit karena banyak kapal ikan yang berhenti melaut. Akibatnya harga ikan mengalami kenaikan karena stok ikan laut menurun sementara permintaan ikan meningkat.

Kencangnya angin dan tingginya gelombang laut di perairan laut Jawa, Rembang, Jawa Tengah dalam sepekan terakhir menjadi penyebab utama naiknya harga ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tasikagung, Rembang, Jawa Tengah.

Cuaca buruk juga membuat hasil tangkapan nelayan berkurang, bahkan sejumlah nelayan enggan melaut karena takut cuaca ekstrem. Akibatnya harga ikan mengalami kenaikan.

Kaur Tata Usaha TPI Tasikagung Rembang, Bintoro, mengatakan, harga sejumlah jenis ikan konsumsi mengalami kenaikan. Seperti ikan kakap merah yang sebelumnya Rp12 ribu kini naik menjadi Rp15 ribu.

“Harga ikan naik antara 10 hingga 15 persen per kilogram. Harganya naik karena pasokan ikan dari nelayan sedikit karena banyak nelayan yang tidak melaut akibat cuaca buruk, sementara permintaan ikan banyak,” ujar Bintoro, selasa (4/1/2022).

Untuk ikan layang lonco yang biasanya di jual Rp 16 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 18 ribu. Ikan cethak yang semula Rp8 ribu, naik menjadi Rp9 ribu per kilogram. Ikan tongkol dari Rp 13 ribu, naik menjadi Rp15 ribu per kilogram.

Selain itu, situasi cuaca yang tidak stabil di laut menyebabkan kondisi ikan buruk sehingga tidak layak jual di pasaran.

“Kondisi cuacanya buruk, jadi ikan-ikan hasil tangkapan pada rusak, ada yang pecah perut saat bongkar muat,” tambahnya.

Hingga selasa (4/1/2022), ratusan kapal nelayan masih bersandar di dermaga Pelabuhan TPI Tasikagung Rembang. Para nelayan berhenti melaut sementara, menunggu hingga cuaca di perairan laut jawa kembali normal.(Abdul Rohim/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
16:05
02:17
00:55
03:29
12:48
02:03
Viral