KPU Bali temukan 116 pemilih meninggal dunia dan punya akte kematian tapi masih hidup.
Sumber :
  • Tim tvone - aris wiyanto

Aneh, KPU Bali Temukan 116 Pemilih Meninggal Dunia dan Punya Akte Kematian, Tapi Masih Hidup

Minggu, 11 September 2022 - 17:18 WIB

Denpasar, Bali - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan membenarkan adanya temuan aneh saat pihaknya melakukan verifikasi pemilih untuk Pemilu Serentak 2024.

Sebanyak 116 pemilih atau warga di Pulau Bali yang tercatat telah meninggal dunia dan memiliki akta kematian, namun dari hasil verifikasi lapangan ternyata masih hidup.

Lidartawan mengatakan, adanya pemilih yang terdata meninggal dunia dan berakta kematian ditemukan setelah KPU Kabupaten dan Kota di Bali melalukan verifikasi dan menemukan 116 pemilih yang telah meninggal dunia tersebut rupanya masih hidup.

"Itu (ditemukan) di KPU Kabupaten dan Kota karena dia yang punya massa. Kita kan di (KPU) Bali tidak mungkin (menemukan). Jadi, mereka yang melakukan verifikasi faktual terhadap data yang diturunkan KPU RI, yang ternyata sudah meninggal, dicek dan  kroscek ternyata masih hidup," kata dia, saat dihubungi, Sabtu (10/9).

Sementara, berdasarkan hasil rekapitulasi hingga Jumat (9/9), temuan 116 warga di daftar pemilih yang masih hidup itu itu ada di empat kabupaten di Bali dan terbanyak di Kabupaten Badung, Bali. Catatannya, di kabupaten Badung sebanyak 90 orang, kemudian di kabupaten Bangli 24 orang, kabupaten Tabanan 1 orang, dan Karangasem 1 orang. 

Sementara, di kabupaten dan kota lainnya belum ditemukan. Tetapi, pihaknya akan tetap melakukan penelusuran apakah masih ada data pemilih yang dipalsukan.

"Paling banyak, di Kabupaten Badung. Ini, masih jalan (pengecekan) sampai akhir September ini," imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral