Cegah Pemalsuan Paspor dan Visa, Imigrasi Siapkan Video Spectral Comparator (VSC) di Pintu Pelintasan.
Sumber :
  • alfani syukri

Cegah Pemalsuan Paspor dan Visa, Imigrasi Siapkan Video Spectral Comparator (VSC) di Pintu Pelintasan

Rabu, 26 Juni 2024 - 10:13 WIB

Badung, tvOnenews.com - Untuk mengurangi pemalsuan paspor dan visa yang masuk ke wilayah Indonesia, pihak imigrasi menyiapkan video spectral comparator (VSC) yang ditempatkan di beberapa pintu Indoensia salah satunya adalah Bali.

Untuk itu para petugas imigrasi yang bertugas menjaga pintu masuk Indonesia diberikan pelatihan dalam penggunaan Video Spectral Comparator (VSC) melalui kegiatan Diseminasi Forensik Keimigrasian Tahap II Tahun 2024 yang bertempat di Hotel Stone Legian, Kuta pada Selasa (25/6).

Diseminasi Forensik Keimigrasian Tahap II Tahun 2024 ini di buka oleh Kakanwiilkumham Bali Pramela Yunidar Pasaribu.

"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program prioritas nasional tahun anggaran 2023 yang bertujuan untuk menempatkan 33 Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) dan Pos Lintas Batas (PLB) di Indonesia," ujar Pramella Yunidar Pasaribu.

Pramella mengatakan bahwa seiring dengan meningkatnya migrasi dan keterbukaan negara terhadap arus globalisasi, kejahatan lintas batas semakin beragam. Indonesia, dengan ratusan TPI dan PLB, menjadi target bagi pelaku pelanggaran keimigrasian seperti illegal entry dan illegal stay. Banyak kasus ditemukan di mana individu masuk dan tinggal di Indonesia dengan dokumen palsu atau tanpa izin yang sah.

"Untuk mengatasi permasalahan ini, kami membentuk Laboratorium Forensik Keimigrasian pada tahun 2003 di bawah Direktorat Penindakan dan Rumah Detensi, yang kini berada di bawah Direktorat Intelijen Keimigrasian," jelas Pramella.

Laboratorium ini bertugas melakukan investigasi dokumen yang mencurigakan dan berimplikasi hukum. Pemeriksaan ini dilakukan menggunakan berbagai teknik, termasuk mesin Video Spectral Comparator (VSC), yang mampu mendeteksi detail pada dokumen yang mencurigakan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:40
01:36
02:54
03:23
03:27
02:20
Viral