Gunung Api Ile Lewotolok kembali erupsi keluarkan kolom asap abu, Minggu (2/6/2024).
Sumber :
  • Tovik Koban

Kembali Erupsi setinggi 700 Meter, 6 Desa di Kaki Gunung Lewotobi Laki-laki Hujan Abu

Minggu, 2 Juni 2024 - 14:03 WIB

Larantuka, tvOnenews.com - Gunung Api Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, NTT, Minggu (2/6/2024) pagi jam 07.31 WITA, kembali erupsi dengan tinggi kolom abu vulkanik mencapai 700 meter dari puncak gunung. 

Data Badan geologi Pos Pengamatan Gunung Lewotobi laki-laki yang berada di desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, aktivitas erupsi gunung yang berstatus Waspada ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 47.3 mm dan durasi sementara ini ± 7 menit 40 detik.

"Kolom abu setinggi 700 meter teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat," Kata Ketua Pos Pengamatan Lewotobi laki-laki, Herman Yosef kepada tvonenews, Minggu siang. 

Akibat Erupsi, Herman menjelaskan, sejumlah Enam desa, Masing-masing Desa Nawakote, Klatanlo, Boru, dulipali dan desa hokeng jaya mengalami hujan abu dengan intensitas sedang hingga tebal. 

"Hujan abu sangat terasa di dusun podor desa Nawakote. Untuk itu warga diminta untuk menggunakan masker agar pernapasan tidak terganggu," jelas Herman. 

Sementara itu, Nona Ipong, salah satu warga desa Boru, Kecamatan Wulanggitang, kepada tvonenews mengakui adanya hujan abu di wilayah mereka. Dan demikian belum ada warga yang mengungsi. 

"Nong, di sini hujan abu akibat erupsi tadi. Memang warga di sini agak cemas tapi belum ada yang mengungsi," ungkapnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral