Jelang Bulan Suci Ramadan, Toa Dilarang untuk Tarawih dan Tadarus?

Selasa, 15 Maret 2022 - 10:54 WIB

Jakarta - Ibadah bulan Ramadhan di tahun ini akan terasa berbeda, pemerintah melalui Kementerian Agama resmi mengatur penggunaan pengeras suara saat tarawih dan tadarus Al-Quran.

Surat edaran Menteri Agama nomor 05 Tahun 2022 yang mengatur penggunaan pengeras suara saat adzan dan pengajian di masjid itu ternyata juga mengatur saat umat muslim menjalankan ibadah sholat tarawih dan tadarus di masjid.

Dalam aturan tersebut tertulis ibadah shalat tarawih ataupun tadarusan Al-Quran yang dilakukan selama bulan Ramadan diatur untuk tidak menggunakan pengeras suara luar masjid. Ibadah yang sejatinya hanya dilakukan umat muslim 1 bulan dalam satu tahun itu pun hanya boleh menggunakan pengeras suara dalam masjid.

Terkait hal ini, Sekjen Dewan Masjid Indonesia (DMI), Imam Addaruquthni pun memberikan keterangannya. "Sejauh ini DMI melihatnya itu positif saja artinya hal tersebut tidak dinyatakan sebagai larangan," katanya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan jika aturan tersebut bukan suatu bentuk larangan melainkan telah sebuah peraturan yang telah diatur dalam surat edaran sebelumnya. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
13:58
04:50
00:51
13:49
02:14
Viral