Menerka Arah Politik Jokowi

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:52 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Puan Maharani di Bali dinilai bisa jadi pintu masuk bagi Jokowi untuk menguatkan kembali pengaruh dan posisinya di PDI Perjuangan. 

Langkah Jokowi ini dinilai seperti menebar telur dibanyak keranjang setelah menantunya berlabuh di Partai Gerindra. Sementara itu, Gibran diisukan akan bergabung ke Golkar. 

Arah politik Presiden Joko Widodo pun menjadi teka-teki panas belakangan ini. 

Status Jokowi sebagai kader di PDIP hingga saat ini juga belum jelas, setelah di Pilpres lalu yang berbeda langkah dengan partai berlambang banteng tersebut. 

Namun, pertemuan Jokowi dengan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dalam perhelatan World Water Forum (WWF) di Bali dinilai bisa jadi pintu rekonsiliasi antara PDIP dengan Jokowi. 

Jokowi bahkan sempat memuji Puan dan mengaku memiliki hubungan baik selama ini. 

Langkah Jokowi yang mendekatkan ke Puan sebagai anak dari Ketua Umum PDI perjuangan Megawati Soekarnoputri dinilai sebagai langkah Jokowi untuk memecah internal PDIP.

Sementara itu, Khairul Umam selaku analis politik Univ. Paramadina menduga Jokowi berupaya menempatkan Puan sebagai Garda terdepan di internal PDIP agar menguatkan kembali posisinya di PDIP. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:25
02:09
03:18
02:21
03:11
02:06
Viral