Pojok KC - Boston Marathon.
Sumber :
  • tim tvonenews

Boston: Enam Bintang (Bagian-2 Habis)

Senin, 22 April 2024 - 09:58 WIB

“SAYA tak bisa membayangkan musim semi di Boston tanpa marathon,” kata lelaki itu sambil meletakan sejumlah karbohidrat pesanan kami di meja. Ia seorang pelayan yang antusias dan spontan pada semua pengunjung. 

Saya lupa namanya yang disebut dengan sangat tergesa. Namun, di restoran di kawasan down town yang sejuk, dengan pohon-pohon besar dan selasar pejalan kaki yang lebar di sekitar Quincy Market, semua orang seperti sahabat lama. 

Kami seketika akrab, barangkali karena saya mengenakan jaket Boston Marathon 2024 yang dirilis panitia saat expo berlangsung. “Saya akan jadi marshal pada lomba nanti,” ia kembali antusias menceritakan pengalamannya menjadi relawan untuk gelaran tahunan yang agaknya disikapi seperti layaknya lebaran oleh warga kota Boston.  

Percakapan singkat itu membuat saya paham kenapa Boston Marathon jadi salah satu ajang lari jarak jauh terbaik di dunia: inisiatif warga. 

Lomba lari tertua di  dunia ini memang seperti digelar oleh seluruh warga kota tanpa kecuali. Saya merasakan, benar-benar sebuah marathon yang dimulai dari bawah (bottom up), bukan sesuatu yang digelar dari atas (top down). Saya merasakan antusiasme kerelawanan warga seperti tumbuh bersama pada ajang ini. 

Boston Marathon memang bertaut dengan sejarah kotanya. Digelar setiap libur hari Pahlawan di Senin ketiga di bulan April, lomba dikaitkan dengan penghormatan pada 26 orang yang tewas akibat penembakan di sebuah sekolah di Newtown, Connecticut. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
00:55
02:20
08:04
01:27
01:32
Viral