Calon Gubernur Jakarta, Pramono Anung saat kampanye Pilgub Jakarta 2024 di wilayah Grogol, Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (10/10.
Sumber :
  • Dokumentasi Humas Tim Pramono Anung

Pramono Anung Yakin Jakarta Fund Dapat Tambah Pemasukan Daerah

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 16:15 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Calon gubernur Jakarta Pramono Anung terus menyuarakan terobosannya dalam rangka menambah pendapatan Kota Jakarta seandainya terpilih menjadi gubernur pada pilkada Jakarta 2024.

Salah satu yang akan dilakukan yaitu dengan cara membentuk lembaga pendanaan yang disebut sebagai Jakarta Fund.

Pramono menjelaskan, bahwa nantinya pendanaan Jakarta Fund akan mengambil dana Sisa Lebih Perhitungan Anggara atau SILPA dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jakarta.

"Jakarta yang rata-rata Rp5 triliun - Rp6 triliun setiap tahunnya kenapa enggak diambil Rp3 triliun untuk Jakarta Funding," jelasnya, Sabtu (12/10/2024).

Pramono menyebut, saat ini pendapatan Jakarta hanya mengandalkan dari pajak, retribusi hingga deviden BUMB. Oleh sebab itu Jakarta Fund diharapkan menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan pendapatan daerah.

"Jakarta harus mempunyai temuan-temuan baru, inovasi baru untuk menambah income atau revenue," ucap dia.

Mantan Sekretaris Kabinet itu juga menuturkan, bahwa konsep dana abadi memiliki kemiripan dengan (Indonesia Invesment Authority (INA) atau Lembaga Overeign Wealth Fund Indonesia yang digunakan untuk pembangunan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:25
02:09
03:18
02:21
03:11
02:06
Viral