Pemanfaatan teknologi dalam merealisasikan pertanian modern.
Sumber :
  • Istimewa

Genjot Partisipasi Generasi Muda di Sektor Pertanian Modern, Kementan Gencarkan Program MBKM

Sabtu, 21 September 2024 - 21:06 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong pengembangan sektor pertanian melalui sumber daya manusia yang unggul.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Kementan gencar melangsungkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Menteri Pertanian, Andi Amran mengatakan program tersebut memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam menghadapi tantangan pertanian modern seperti perubahan iklim, diversifikasi pangan, serta pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan.

"Pemerintah terus mereformasi pertanian tradisional ke pertanian modern yang lebih efisien. Melalui pertanian modern dapat menarik minat anak muda, terutama dalam memasuki era bonus demografi. Mentan meyakini bahwa Indonesia dapat mencapai swasembada pangan melalui upaya kolaborasi antara akademisi, industri, dan pemerintah," kata Amran dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu (21/9/2024).

Sementara, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Idha Widi Arsanti mengatakan pemanfaatan teknologi dibutuhkan dalam realisasi pertanian modern.

Tak hanya itu, pemanfaatan teknologi juga dinilai akan dapat menarik minat generasi muda untuk berkarir pada sektor pertanian.

"Anak muda sekarang berpikir bekerja di sawah itu identik dengan panas dan kotor. Padahal kita ingin mengenalkan alsintan yang modern, semuanya sudah menggunakan traktor, combine, yang memudahkan petani,” ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:14
02:49
06:34
01:55
02:35
01:52
Viral