Pasangan bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil (ketiga kiri) dan calon wakil gubernur Suswono dalam Silaturahim Ridwan Kamil-Suswono ke DPD Partai Golkar Provinsi DKI Jakarta, Sabtu (24/8)..
Sumber :
  • Antara

Ridwan Kamil: Gubernur Harus Pintar-Pintar, APBD Itu Palsu

Sabtu, 24 Agustus 2024 - 21:08 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Bakal Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengatakan bahwa seorang gubernur harus pintar dan kreatif mencari cara untuk bisa tetap membangun daerah dengan tidak hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) saja.

Menurut Ridwan Kamil, APBD itu palsu dan hanya maksimal membiayai 20 persen kebutuhan suatu wilayah.

"APBD itu palsu dan terbukti maksimal hanya sanggup membiayai 20 persen dari kebutuhan membangun sebuah wilayah. Maka gubernurnya, pemimpinnya, harus pintar-pintar mencari yang 80 persen (sisanya)," kata Ridwan Kamil saat menyambangi Kantor DPD Partai Golkar DKI Jakarta di Jakarta Pusat, Sabtu (24/8).

Pria yang kerap disapa RK itu menuturkan, selain APBD, pemerintah daerah bisa mencari peluang pendanaan pembangunan mulai dari APBN, dana sosial perusahaan (CSR) hingga obligasi daerah.

"Ada namanya APBN. Bayangin, bagaimana dapatkan APBN? Di era hari ini ya kita harus punya komunikasi, hubungan baik, karena hal-hal formal biasanya mulus oleh hal-hal informal. Oleh silaturahmi," ujarnya.

RK menambahkan, alternatif pendanaan lain yang bisa dilakukan adalah Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral