Ilustrasi: Warga memegang kristal es saat embun beku muncul di sekitar kompleks Candi Arjuna, Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (14/7/2024) pagi..
Sumber :
  • Antara

Ternyata Ini Pemicu Suhu Dingin yang Melanda Pulau Jawa, Simak Penjelasan BMKG

Selasa, 16 Juli 2024 - 17:44 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan penyebab suhu dingin yang melanda sebagian besar wilayah di Pulau Jawa

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, keberadaan Angin Monsun Australia dan posisi matahari yang berada di sisi utara bumi menjadi pemicu suhu dingin tersebut.

Angin Monsun Australia (Timur) yang kering, lanjut Guswanto, membawa sedikit uap air tersebut kini tengah berhembus menuju benua Asia dengan melewati perairan Samudera Hindia.

Analisa tim meteorologi BMKG mendapati di saat yang bersamaan suhu permukaan laut di perairan Samudera Hindia juga dalam kondisi yang relatif lebih rendah, sehingga berpengaruh membawa suhu dingin pada wilayah Indonesia.

Menurut BMKG, fenomena suhu dingin tersebut merupakan situasi biasa terjadi pada medio Juli-Agustus atau puncak musim kering dan diprakirakan bisa sampai dengan September.

Menurutnya, fenomena seperti itu akan menyasar wilayah bagian selatan ekuator atau khatulistiwa dalam hal ini, Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, yang terasa akan lebih dingin dari biasanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:41
01:11
14:44
02:37
00:48
01:45
Viral