Ilustrasi kemarau panjang.
Sumber :
  • Antara

Ada Kabar Buruk untuk Wilayah Aceh, BMKG Sebut Ada Hal Ini...

Kamis, 11 Juli 2024 - 19:51 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan saat ini wilayah Aceh mulai memasuki puncak musim kemarau.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap kekeringan dan potensi kebakaran permukiman maupun hutan dan lahan.

"Pada Juli ini, umumnya untuk wilayah Aceh sudah memasuki puncak musim kemarau, dalam artian curah hujan di Aceh sangat rendah," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar, Anang Heriyanto dilansir Antara, Kamis (11/7/2024).

Ia menjelaskan, pantauan BMKG terhadap curah hujan pada dasarian pertama berada pada kategori rendah, antara 21-55 mm. Kondisi yang sama juga diprediksikan selama 10 hari ke depan.

"Dalam 10 hari ke depan juga masih kategori rendah, karena Juli ini pada umumnya di Aceh puncak musim kemarau," ujarnya.

Meski mulai memasuki puncak musim kemarau, lanjut Nanang, tetap ada daerah dengan potensi hujan intensitas ringan di Aceh seperti Kabupaten Aceh Tenggara dan Aceh Tamiang dengan curah hujan 50-100 mm per dasarian.

"Tetapi secara umum, 80 persen wilayah Aceh sudah memasuki musim kemarau, oleh karenanya semua daerah perlu mewaspadai potensi kekeringan ini," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:41
01:11
14:44
02:37
00:48
01:45
Viral