Meutya Hafid.
Sumber :
  • Tim tvOnenews/Syifa Aulia

Server Pusat Data Nasional Diretas, Komisi I DPR Panggil Menkominfo dan BSSN Besok

Rabu, 26 Juni 2024 - 15:06 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Komisi I DPR bakal memanggil Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada Kamis (27/6/2024).

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid. Pemanggilan itu buntut dari diretasnya server Pusat Data Nasional (PDN) yang menyebabkan aktivitas sejumlah layanan publik terganggu.

"Sore atau malam, Kamis besok ya. Kominfo, BSSN, mungkin ada beberapa pihak lain yang memang mengurusi teknologi siber security-nya dalam siber security pusat data nasional kita," kata Meutya di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2024).

Dia menuturkan Komisi I akan mendengarkan penjelasan dari Kominfo dan BSSN mengenai gangguan pada PDN. Kemudian, pihaknya akan memberikan evaluasi terkait hal itu.

Menurutnya, Kominfo maupun BSSN harus mbertanggungjawab atas diretasnya server PDN itu. Politikus Partai Golkar itu meminta keduanya tidak saling tuduh.

"Makanya besok kita lihat, kita dudukin semuanya, ini benang merahnya gimana, tapi dari DPR menyarankan harus tanggung jawab sama-sama. Enggak boleh saling tuduh, enggak produktif, tidak solutif, dan yang paling penting sekarang enggak saling tuduh. Kerja sama untuk kemudian membereskan ini masalah," ujar Meutya.

"Masalah belum beres kok malah jadi saling tuduh duluan. Saling tuduh itu kan perlu energi. Ngeberesin masalah ini perlu energi luar biasa. Jadi saran saya ini bersama-sama harus segera dibereskan. Tanggung jawab dua-duanya," tandas dia. (saa/ree)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral