Tumpukan sampah terlihat meluber di Depo Sampah Mandala Krida, Kota Yogyakarta belakangan terakhir ini. .
Sumber :
  • tim tvOne/Sri Cahyani Putri

Pedagang Keluhkan Bau Tak Sedap Akibat Tumpukan Sampah, DLH Kota Yogyakarta Sebut Kesadaran Masyarakat Belum Optimal

Senin, 24 Juni 2024 - 17:19 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta menyebut, kesadaran masyarakat dalam mengolah sampah dari sumbernya dinilai belum optimal. Hal itu merupakan respons dari keluhan pedagang di wilayah Stadion Mandala Krida soal tumpukan sampah.

Hal itu yang menjadikan tumpukan sampah kembali meluber di depo-depo hingga berserakan di pinggir jalan seperti yang terlihat belakangan terakhir ini.

Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Pengawasan Lingkungan, DLH Kota Yogyakarta, Christina Endang Setyowati mengatakan bila kesadaran masyarakat dalam mengolah sampah sudah optimal, sampah yang akan terkirim ke depo akan berkurang.

"Di sana (depo) itu kan kalau dilihat (sampah) masih campur. Kalau mereka sudah mulai memilah dari sumbernya otomatis sudah ada perlakuan. Jadi, sampah yang terkirim ke depo hanya residu yang bisa diolah menjadi refused derived fuel (RDF) atau apapun lainnya," kata Christina kepada awak media di Pemkot Yogyakarta, Senin (24/6/2024). 

Adapun, pengolahan sampah dengan sistem RDF merupakan proses pengolahan sampah menjadi bentuk yang lebih kecil sehingga dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif untuk berbagai industri. 

Dengan adanya penumpukan sampah itu, DLH Kota Yogyakarta membangkitkan gerakan masyarakat salah satunya menghidupkan kembali bagaimana mengolah sampah dari setiap rumah bukan setiap kelompok. 

Dari pantauan tvOnenews.com, fenomena penumpukan sampah di depo satu di antaranya terlihat di sekitar Stadion Mandala Krida.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
00:55
02:20
08:04
01:27
01:32
Viral