Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail..
Sumber :
  • Dok DPRD DKI Jakarta

Usai Tak Jadi Ibu Kota, DPRD Sebut Jakarta Perlu Paradigma Baru di Sektor Pariwisata

Senin, 10 Juni 2024 - 09:53 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail mengatakan Jakarta segera menyandang status baru menjadi kota bisnis serta pusat ekonomi berskala global usai tak jadi Ibu Kota.

Menurutnya, butuh paradigma baru dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045, khususnya di sektor pariwisata

Mengingat RPJPD itu merupakan acuan kepala daerah dalam menentukan visi misi membangun Jakarta 20 tahun kedepan, maka dengan paradigma baru diharapkan Jakarta bisa lebih matang dalam menyusun program dan anggaran di sektor pariwisata.

“Ubah paradigma di semua aspek dan sektor. Kalau bicara eksekutif, berarti seluruh OPD (organisasi perangkat daerah -red) harus kita benahi. Makanya dalam menyusun program dan kegiatan termasuk penganggaran harus dengan paradigma baru,” ujar Ismail di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (10/6/2024).

Apabila sektor pariwisata tidak melakukan terobosan, maka bukan tak mungkin wisatawan lokal maupun mancanegara enggan berlibur ke Jakarta. Bahkan, berpotensi memilih berlibur ke luar negeri.

“APBD kita besar, tapi ketika menggunakan paradigma business as usual, maka tidak akan memberikan perubahan. Hanya berjalan linier, sementara wilayah lain atau kota besar sudah melakukan lompatan,” kata Ismail.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral