Imam dan Khatib di Masjidil Haram Diarahkan Persingkat Salat Jumat.
Sumber :
  • Antara

Imam dan Khatib di Masjidil Haram Diarahkan Persingkat Salat Jumat

Sabtu, 8 Juni 2024 - 09:07 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua Urusan Keagamaan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Syaikh Dr Abdurrahman as-Sudais mengarahkan para imam dan khatib di kedua masjid itu agar mempersingkat khutbah dan salat Jumat di musim Haji 2024.

Mengutip Antara, Sabtu (8/6/2024), Syaikh Dr Abdurrahman as-Sudais memberikan arahan di antaranya untuk menjaga para tamu Allah dan jamaah salat di pelataran tawaf, lantai atap, dan halaman dari terik panas yang menyengat.

Hal tersebut, kata dia, juga merupakan bagian dari kemudahan, keringanan, atau upaya membendung kesulitan terhadap jemaah haji yang hadir di Baitullah dan melaksanakan shalat Jumat di dua masjid suci itu.

Arahan mempersingkat khutbah dan shalat Jumat itu juga sejalan dengan perintah Nabi Muhammad SAW berdasarkan HR Muslim, yakni "Persingkatlah khutbah. Sesungguhnya sebagian dari penjelasan itu mengandung sihir (memikat)."

Selain itu, arahan itu juga telah dijelaskan dalam hadis Jabir bin Samurah radhiyallahu 'anhu, yang mengatakan, "Aku salat bersama Rasulullah SAW. Aku menjumpai salat beliau sedang dan khutbah beliau pun sedang." (HR Muslim).

Syaikh Dr Abdurrahman as-Sudais lalu menjelaskan bahwa mimbar dua masjid suci memiliki tempat yang tinggi di hati kaum Muslim. 

Dengan demikian, mereka mendengarkan dengan saksama untuk mendapatkan pemahaman Islam yang benar dan moderat, serta petunjuk dari khutbah-khutbah yang ada. Khutbah yang terlalu panjang justru dapat membuat jamaah lupa dengan bagian awalnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral