Harga telur ayam ras di Pasar Tradisional Mamuju, Sulawesi Barat, terus meroket..
Sumber :
  • Tim Tvone_Gusni kardi

Stok Menipis, Harga Telur Ayam Meroket Tembus Rp 54 Ribu Jelang Tahun Baru

Kamis, 30 Desember 2021 - 10:16 WIB

Mamuju, Sulawesi Barat - Sehari menjelang malam pergantian tahun, harga telur ayam ras di Pasar Tradisional Mamuju, Sulawesi Barat, terus meroket. Tingginya kenaikan harga telur ayam ras menjelang pergantian malam tahun baru ini dipicu akibat stok telur ayam ras mulai menipis. Daerah pemasok telur ayam ras untuk konsumen di pasar tradisional membatasi distribusi telur ayam buras menjelang pergantian malam tahun baru ini.

"Akibat tingginya lonjakan harga telur ayam ras, pembeli telur ayam ras di pasar tradisional ini mengeluh. Sebahagian konsumen yang datang ke pasar ini untuk membeli telur ayam ras terpaksa membatalkan niatnya, akibat uang yang dipersiapkan tidak cukup," kesal Jamaluddin, salah seorang pedagang telur ayam ras, di pasar tradisional, Mamuju.

Jamaluddin menambahkan, kenaikan harga telur ayam ras berlangsung secara bertahap, kenaikan dimulai sejak menjelang hari natal dan menjelang puncak perayaan tahun baru kenaikan harga telur ayam ras semakin meroket. Harga telur ayam ras sebelum hari natal hanya berkisaran 40 ribu per rak, kini menjelang puncak perayaan tahun baru, harga telur ayam ras tembus di angka 54 ribu per raknya.

Diperkirakan pada hari menjelang puncak perayaan malam tahun baru kenaikan harga telur ayam ras mencapai puncaknya, diperkirakan kenaikan telur ayam ras mencapai 55 ribu rupiah per rak.

Menurut salah seorang konsumen telur ayam ras di pasar tradsional Mamuju, Irma, sebagai konsumen telur ayam ras dengan kondisi harga telur ayam ras saat ini dia merasa sangat dirugikan. Terlebih lagi sebagai penjual kue yang bahan bakunya sebagian besar dari telur ayam ras, kini kesulitan modal untuk membeli telur.

"Akibat tingginya lonjakan harga telur ayam ras di pasar tradisional, saya sebagai penjual kue terpaksa menutup sementara penjulan kue karena tidak mampu lagi membeli telur ayam ras untuk produksi kue yang saya jual," kata Irma.

Melihat kondisi harga telur ayam ras menjelang puncak pergantian tahun baru ini harganya sangat meroket, pedagang telur ayam ras dan konsumen telur ayam ras berharap agar pemerintah turun tangan mengatasi lonjakan harga yang semakin sulit dikendalikan. Diharapkan pemerintah juga menggelar operasi pasar agar harga sembako di pasar tradisional dapat dikendalikan.(Gusni Kardi/Ask)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral