Capres dan Cawapres.
Sumber :
  • Tim tvOnenews/Muhammad Bagas

Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud Bakal Cek Kesehatan di RSPAD, Ini Jadwalnya

Jumat, 20 Oktober 2023 - 10:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Dua pasangan bakal capres-cawapres sudah resmi mendaftar sebagai peserta Pilpres 2024. Selanjutnya, kedua pasangan calon (paslon) itu akan menjalani pemeriksaan kesehatan.

Adapun dua paslon itu adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dari Koalisi Perubahan dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dari koalisi PDIP.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari menyebut pemeriksaan kesehatan akan dilakukan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Kedua paslon akan periksa kesehatan di tanggal yang berbeda.

“Bagi bakal pasangan calon yang didaftarkan pada kesempatan pertama itu akan dilakukan pemeriksan kesehatan di RSPAD pada hari Sabtu 21 Oktober 2023,” kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023).

Sedangkan paslon selanjutnya pada Minggu, 22 Oktober 2023. Namun, dia tak bisa menjelaskan detail pemeriksaan tersebut. 

“Intinya, nanti kesimpulannya dalam istilah yang digunakan di undang-undang adalah pemeriksaan kesehatan itu untuk mendapatkan hasil apakah seseorang itu mampu atau tidak mampu untuk menjalankan tugas sebagai presiden maupun tugas sebagai wakil presiden selama satu periode ke depan,” jelas Hasyim.

Menurutnya, hasil tes kesehatan itu akan digunakan sebagai salah satu dokumen persyaratan dalam pendaftaran bakal capres dan cawapres Pemilu 2024.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:41
01:11
14:44
02:37
00:48
01:45
Viral