Koalisi Indonesia Maju.
Sumber :
  • tvOnenews - Julio Trisaputra

Siapa 4 Nama Cawapres Disebut Prabowo, Pakar Komunikasi Politik: Yusril, RK, Gibran, dan Khofifah

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 11:45 WIB

tvOnenews.com - Pakar Komunikasi Politik Effendi Gazali menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Bakal Calon Presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto, ketika mengumpulkan para Ketua Umum Partai Politik KIM  di Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan, Jumat (14/10/2023) malam.

Prabowo sebut 4 nama yang berasal dari daerah luar Jawa, Jawa Barat, satu calon dari Jawa Tengah, dan satu calon dari Jawa Timur.

"Sebetulnya, 4 nama daerah itu masih bisa dibagi-bagi lagi, Jawa tengah sudah pastilah Gibran, Jawa Timur bayangan saya Khofifah, jika dilihat luar Jawa itu sebenarnya kan bisa Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan lain-lain. Kalau dilihat itu ada dua nama yaitu Yusril Ihza Mahendra dan Erick Thohir ," ujar Effendi (14/10).

Lanjut Effendi, ada yang menarik jika Erick Thohir ini benar ia lahirnya di Jakarta, maka bisa dibilang tereliminasi. Menurut penelusuran Erick lahir di Jakarta, 30 Mei 1970. Sementara Yusril lahir di Manggar, Belitung Timur pada 5 Februari 1956.

"Nah itu menarik juga karena Jakarta tidak disebut. Kita anggap Erick Jakarta dan Lampung ya. Tapi Yusril yang satu-satunya cawapres di luar Jawa," katanya

"Yang agak susah menebak di Jawa Barat memang, kalau orang bilang saat ini di Jawa Barat ada Ridwan Kamil, tapi kan ada Airlangga Hartarto sebagai ketumnya Ridwan Kamil di Golkar," ujarnya.

"Sekarang yang dilihat oleh Koalisi Indonesia Maju ini, bagaimana caranya menang, bukan lagi bagaimana mementingkan siapa cawapresnya siapa. Mulai dewasa mereka misalkan di luar Jawa bisa Yusril ini menarik karena bisa duet Jawa-Sumatera seperti Prabowo dan Bung Hatta," jelas Effendi.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
16:17
02:37
01:50
01:52
07:34
Viral