Erick Thohir Menteri BUMN dan Kapolri, Listyo Sigit.
Sumber :
  • tvOnenews/Rika Pangesti

Temui Kapolri, Erick Thohir Bahas Kesiapan Pengamanan Piala Dunia U-17

Selasa, 19 September 2023 - 22:07 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir beserta jajaran pengurus PSSI mendatangi Mabes Polri di Jakarta Selatan pada Selasa (19/9/2023).

Erick mengatakan, kedatangannya tersebut untuk menemui Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo membahas terkait persiapan pengamanan piala dunia U-17 2023.

"Hari ini kamis sebagai panitia piala dunia U-17 diterima oleh bapak Kapolri dan seluruh jajarannya, kami juga membawa tim kami untuk tadi memberikan paparan dan memohon masukan dari pihak kepolisian dan khususnya dari pak Kapolri untuk persiapan kejuaraan dunia U-17 yang akan dimulai tanggal 10 November," kata Erick Thohir kepada wartawan saat ditemui usai audiensi bersama Kapolri.

Erick menyebut, sebelum pertandingan piala dunia dimulai, Presiden FIFA, Giovanni Vincenzo Infantino akan lebih dahulu menemui Presiden RI Joko Widodo.

Oleh karena itu, ia meminta saran dan masukan kepada pihak kepolisian untuk turut mendukung keamanan selama ajang olahraga tingkat internasional berlangsung.

"Juga pada tanggal 9 ada rencana Presiden FIFA akan langsung hadir untuk mulai juga melakukan beberapa kegiatan bersama bapak Presiden (Jokowi)," ujar dia.

"Kemarin sudah ada drowing atau hasil undian sehingga bisa mulai dipetakan bagaimana tentu persiapan dari pada penyelenggaraan khususnya dari segi keamanan, logistik dan lain-lain," sambungnya.

Selain itu, Erick juga mengatakan bahwa selama ajang piala dunia U-17 berlangsung, federasi sepak bola internasional (FIFA) juga akan mendirikan kantornya di Indonesia.

"FIFA pun akan mulai membentuk kantor di Indonesia mulai tanggal 10 Oktober. Dimana tanggal 27 Oktober persiapan sudah harus 100 persen terlaksana. Karena itulah kenapa hari ini kami ingin bertemu dari pihak kepolisian untuk tadi mensinkronisasikan hal-hal yang memang diharapkan kita bisa memberikan pertandingan U-17 ini secara baik dan maksimal," pungkas Erick.

Sementara itu, Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa pada prinsipnya Polri mendukung pelaksanaan U-17 agar betul-betul bisa berjalan aman, lancar dan sukses. Serta membawa harum nama bangsa Indonesia.

"Saya kira ini adalah salah satu ajang Internasional yang diselenggarakan pertama mungkin ya pak, terkait dengan penyelenggaraan kita sebagai tuan rumah FIFA," ucap Listyo.

"Tentunya kami Polri menyambut baik dan siap untuk melaksanakan kegiatan pengamanan tadi," imbuhnya.

Listyo mengatakan bahwa pihaknya akan menerapkan pengamanan sesuai dengan standar keamanan yang diatur oleh FIFA. 

"Diinformasikan bahwa akan diikuti 24 negara yang tentunya kami bertanya tentang detail-detail terkait apa saja yang harus kita amankan terkait dengan penyelenggaraan kegiatan yang menggunakan standar FIFA," ujar Listyo.

"Oleh karena itu tentunya bagaimana mulai dari pengamanan terhadap kontingen FIFA itu sendiri dan tim terus bagaimana pada saat didalam perjalanan kemudian pada saat latihan," pungkasnya. (rpi/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:19
02:59
02:36
20:40
01:05
03:15
Viral