Ketua Umum MUI KH Anwar Iskandar.
Sumber :
  • Antara

Ini Kiprah Panjang KH Anwar Iskandar Sebelum Pimpin MUI

Selasa, 15 Agustus 2023 - 17:05 WIB

Jakarta, tvOnenews.com- Rapat pleno Majelis Ulama Indonesia (MUI) menetapkan KH Anwar Iskandar sebagai ketua umum menggantikan KH Miftachul Akhyar yang mundur. Siapa sosok KH. Anwar Iskandar yang kini memimpin lembaga pemersatu ormas Islam di tanah air. 

Profil KH Anwar Iskandar:

Dilahirkan di Desa Berasan, Kecamatan Muncar, Banyuwangi pada tanggal 24 April 1950, KH Anwar Iskandar putra dari KH. Iskandar (Askandar) yang merupakan pendiri dan pengasuh pondok pesantren “Mambaul Ulum” Berasan, Muncar, Banyuwangi. Awalnya KH Anwar Iskandar belajar mengaji di pondok pesantren binaan ayahnya sendiri sebelum  melanjutkan jenjang pendidikannya ke MTs, sempat mengenyam pendidikan di Ponpes Lirboyo Kediri pada 1967.

Selain mengaji di Lirboyo, beliau juga pernah mengaji di pondok pesantren lainnya seperti Ploso Kediri, Sarang Rembang, Minggen Demak, dan ilmu Falak di Jember

Di samping menempuh pendidikan di pondok pesantren KH. Anwar Iskandar juga meneruskan jenjang pendidikan formalnya di Perguruan Tinggi (PT) Tribakti Kediri. Sampai pada tahun 1969 KH. Muh. Anwar Iskandar menyandang gelar Sarjana Muda.

Baru 3 tahun kemudian, KH Anwar Iskandar memutuskan untuk berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta jurusan Sastra Arab. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral