Ilustrasi Serangan Pasukan Militer Ukraina.
Sumber :
  • Reuters

Serangan Pasukan Ukraina ke Wilayah Donetsk yang Dikuasi Separatis Rusia Terus Terjadi

Senin, 21 Februari 2022 - 06:11 WIB

Donetsk, Ukraina - Serangan pasukan Ukraina ke wilayah Donetsk yang dikuasai oleh separatis Rusia terus terjadi hingga Minggu (20/2/2022) malam waktu setempat.

Ratusan mortir menghujani sepanjang wilayah garis perbatasan pasukan Ukraina dan separatis pro Rusia. Rumah-rumah warga rusak akibat serangan mortir tersebut.

Menurut otoritas separatis, pasukan Ukraina telah meluncurkan serangan artileri selama beberapa hari belakangan hingga menewaskan dua orang warga sipil, dalam serangan yang gagal ke sebuah desa dekat perbatasan Rusia.

Para pemimpin separatis pro Rusia telah memerintahkan mobilisasi militer penuh dan mengevakuasi lebih banyak warganya ke Rusia. Sekitar 700 ribu orang telah menyeberangi perbatasan ke Rusia. Dikhawatirkan para warga Rusia itu akan dijadikan alasan untuk aksi militer.

Pemimpin negara barat memperingatkan Rusia bisa menyerang ukraina kapan saja yang telah mengerahkan 150 pasukan, jet tempur dan peralatan tempur lainnya. Amerika Serikat dan banyak negara Eropa menuduh Rusia membuat alasan tak masuk akal untuk menginvasi Ukraina. Jika benar terjadi AS dan sekutu mengancam akan menjatuhkan sanksi berat ke rusia. (reu/andika/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:25
07:09
03:29
03:25
01:03
03:12
Viral