Bangunan yang Hancur Akibat Ledakan Truk Bermuatan Bahan Peledak.
Sumber :
  • Reuters

Truk Bermuatan Bahan Peledak Meledak di Ghana, Ratusan Rumah Rusak Serta Puluhan Orang Tewas

Jumat, 21 Januari 2022 - 06:34 WIB

Ghana - Sebuah ledakan terjadi di wilayah Barat Ghana pada Kamis (20/1/2022) waktu setempat, menyebabkan ratusan bangunan rusak dan menewaskan puluhan warga. Insiden ledakan ini terjadi di wilayah Apiate, sebuah kota yang terletak diantara kota Bogoso dan Bawdie.

Pihak berwenang setempat melaporkan, ledakan terjadi akibat kecelakaan yang melibatkan sebuah truk bermuatan bahan peledak, yang hendak berangkat menuju area tambang emas Chirano, bertabrakan dengan sebuah sepeda motor.

Deputi Direktur Jendral Badan Penanggulangan Bencana Nasional Ghana, Seji Saji Amedonu, melaporkan sebanyak 500 bangunan hancur akibat ledakan ini.

Menyusul insiden ledakan ini, pihak kepolisian mengatakan sejumlah kota yang berada di sekitar wilayah Apiate diminta untuk membuka area publik, termasuk sekolah dan gereja, bagi korban selamat dalam ledakan ini.

Sementara itu, pihak perusahaan tambang asal Toronto, Kinros, membenarkan insiden ini dan mengatakan bahwa ledakan terjadi sekitar 140 kilometer dari lokasi tambang.

Sebelumnya, pihak kepolisian Ghana melaporkan ledakan terjadi saat truk yang membawa bahan peledak tengah menuju tambang emas Tarkwa yang dikelola oleh perusahaan asal Afrika Selatan, Gold Fields. Namun, juru bicara Gold Fields mengatakan pengiriman bahan peledak tersebut berasal dari perusahaan yang berada di wilayah Tarkwa, bukan di tambang Tarkwa. (reu/aryo/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral