Di Laut China Timur, Amerika Serikat Gelar Latihan Perang Bareng Jepang dan Korea Selatan.
Sumber :
  • ANTARA

Di Laut China Timur, Amerika Serikat Gelar Latihan Perang Bareng Jepang dan Korea Selatan

Kamis, 27 Juni 2024 - 22:47 WIB

tvOnenews.com - Latihan militer segala-medan gabungan pertama Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan yang dijuluki Freedom Edge dimulai di Laut China Timur pada Kamis (27’6/2024).

Latihan itu akan berlangsung selama tiga hari, demikian diumumkan Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat (USINDOPACOM).

"Jepang, Republik Korea, dan Amerika Serikat memulai pelaksanaan Freedom Edge, latihan multi-domain trilateral, pada 27-29 Juni 2024,” kata komando itu dalam sebuah pernyataan.

Sebanyak tujuh kapal perang, termasuk kapal induk Amerika Serikat Theodore Roosevelt, dan juga pesawat tempur dan patroli akan mengikuti latihan selama tiga hari tersebut. 

“Latihan itu akan melatih menangkis serangan rudal balistik, serangan kapal selam, dan serangan siber,” kata USINDOPACOM.

Tujuan latihan tersebut untuk menunjukkan tekad Jepang, Korea Selatan, dan AS dalam mendorong interoperabilitas trilateral dan melindungi kebebasan demi perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik, termasuk Semenanjung Korea. 

Latihan gabungan ketiga negara itu diumumkan Agustus lalu pada Pertemuan Puncak Camp David. Di awal Juni, ketiga negara sepakat untuk mengadakan latihan di sejumlah area saat pertemuan menteri pertahanan pada Dialog Shangri-La

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
00:55
02:20
08:04
01:27
01:32
Viral