Pilkada Banyuwangi 2024.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Pilkada Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Resmi Didukung Lima Partai

Senin, 12 Agustus 2024 - 13:53 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Pemilihan Kepala Daerah Banyuwangi 2024 makin menghangat. Setelah mendapat rekom dari PPP, calon petahana Ipuk Fiestiandani resmi didukung 5 partai politik. Tersisa PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang belum menentukan dukungan. DPC PKB Banyuwangi juga memutuskan untuk tidak melakukan lobi-lobi politik dengan partai lain di tingkat kabupaten.

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Banyuwangi M Ali Mahrus menjelaskan, pengurus partai tingkat kabupaten tidak dalam kapasitas untuk membangun koalisi dan lobi politik.

"DPC PKB Banyuwangi tegak lurus terkait urusan rekomendasi menunggu keputusan DPP," tegas Ali Mahrus, Senin (12/8).

Sebelumnya, PKB telah memberikan surat rekomendasi sementara calon kepala daerah kepada mantan Ketua PCNU Banyuwangi Ali Makki Zaini alias Gus Makki.

Surat rekomendasi sementara itu diberikan sebagai pegangan Gus Makki untuk menjalin komunikasi dengan partai politik lain. Gus Makki sempat menjajaki pendekatan dengan Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi Michael Edy Hariyanto. Namun belakangan, DPP Partai Demokrat justru memberikan dukungan melalui surat rekomendasi kepada petahana Ipuk Fiestiandani yang menggandeng Mujiono.

Selain Partai Demokrat, Ipuk-Mujiono juga telah mengantongi surat rekomendasi dari empat partai politik lain, yakni Partai Nasdem, Partai Golkar, PPP, dan Partai Gerindra.

Untuk sikap PDI Perjuangan, banyak pihak menilai bahwa partai berlambang banteng merah itu akan memberikan dukungan kepada Ipuk-Mujiono. Sebab, Ipuk merupakan kader dari PDI Perjuangan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral