Habitat Orangutan di Bukit Lawang Jadi Daya Tarik Wisatawan, Sport Tourism Bisa Jadi Cara Kenalkan Keindahan Alam Indonesia.
Sumber :
  • istimewa

Habitat Orangutan di Bukit Lawang Jadi Daya Tarik Wisatawan, Sport Tourism Bisa Jadi Cara Kenalkan Keindahan Alam Indonesia

Rabu, 15 Mei 2024 - 19:13 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Habitat Orangutan di kawasan Bukit Lawang, Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara kembali mendapat sorotan wisatawan lokal dan mancanegara, lantaran kerap diadakan event sport tourism.

Bukit Lawang Orangutan Trail (BLOT) 2024 menjadi salah satu kegiatan yang usai digelar pada 11 dan 12 Mei 2024 yang menggaungkan keindahan alam Indonesia melalui acara olahraga lari.

CEO & Founder Arras Adventure Rudy Project Indonesia, Menurut Julita Saragih mengatakan tujuan utama dari BLOT adalah untuk memperkenalkan kecantikan alam Bukit Lawang melalui Pariwisata Olahraga di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara.

Dengan berbagai lintasan yang disiapkan, mulai dari yang ringan hingga yang paling menantang, BLOT memberikan pengalaman unik bagi para atlet dan peserta untuk merasakan keindahan alam sambil mengejar keunggulan dalam olahraga.

"Kami berbangga dengan partisipasi ratusan peserta dari berbagai daerah di Sumatera Utara, luar Sumatera Utara, dan bahkan dari negara-negara lain, mencerminkan daya tarik dan reputasi internasional dari BLOT. Dalam kesempatan ini, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang telah turut serta dalam mempromosikan pariwisata olahraga Indonesia," ujar dia dalam keterangan yang diterima, Rabu (15/5/2024).

Menurutnya, selain menjadi wadah untuk mengejar prestasi olahraga, BLOT ingin mewujudkan aksi nyata dari komitmen mengembangkan UMKM Desa Bukit Lawang.

"Kami berharap memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat sekitar," tambahnya.

Selain itu, dia menuturkan pihaknya menyasar lingkungan agar tetap tumbuh dengan menanam pohon buah-buahan.

Dia menyampaikan pohon buah itu akan menjadi sumber pangan bagi Orangutan di wilayah tersebut.

"Kegiatan ini menjadi bukti nyata dari komitmen kami terhadap pelestarian lingkungan dan keberlanjutan," jelasnya.

Dia menambahkan, BLOT 2024 juga menjadi panggung bagi perwakilan Indonesia di ajang lari lintas alam internasional yang merupakan bagian dari prestisiusnya seri Asia Trail Master sekaligus menjadi salah satu acara Road To Pekan Olahraga Nasional XXI / ACEH-SUMUT 2024.

Pilihan trek untuk peserta mulai dari jarak 7K hingga 50K dengan kategori yang berbeda-beda, mencakup beragam kelompok usia dan profesi.

Event ini juga diwarnai kegiatan penanaman pohon buah-buahan yang akan menjadi sumber pangan bagi orangutan, serta memberikan bantuan sosial kepada 100 paket sembako bagi yatim dan duafa.

"Kegiatan ini menjadi bukti nyata dari komitmen kami terhadap pelestarian lingkungan dan keberlanjutan," imbuhnya.(lgn)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral