Terkuak! Alasan Kuat Pencopotan KH Marzuki Mustamar, Sekjen PBNU Bocorkan Masalahnya.
Sumber :
  • tim tvOne

Terkuak! Alasan Kuat Pencopotan KH Marzuki Mustamar, Sekjen PBNU Bocorkan Masalahnya

Minggu, 31 Desember 2023 - 18:35 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Terkuak, alasan kuat pencopotan posisi KH Marzuki Mustamar sebagai Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur.

Hal itu dibocorkan Sekretaris Jenderal PBNU, KH Syaifullah Yusuf kepada awak media. Dia ungkapkan, alasan kuat pencopotan KH Marzuki Mustamar sebagai Ketua PWNU Jatim, karena bersangkutan dianggap melanggar aturan organisasi.  

Di antaranya, KH Marzuki Mustamar selaku pimpinan NU di wilayah tidak bertanggung jawab atas persoalan yang terjadi di tingkat cabang Jombang. 

"Banyak beberapa (pelanggaran), di antaranya adalah masalah-masalah yang tidak terkendali, misalnya di Cabang Jombang. Di Cabang Jombang itu kan sampai ke pengadilan segala macam karena wilayah (PWNU) tidak berfungsi sebagaimana mestinya," pungkas KH Syaifullah Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul. 

Alasan itu berbeda dengan pendapat KH Marzuki Mustamar, lantara dia mengaku, belum menerima surat keputusan resmi dari PBNU terkait pencopotan dirinya, termasuk melalui pesan atau WhatsApp (WA). 

Bahkan dia akui, masih menunggu surat resmi PBNU, sebab aktivitas PWNU Jatim masih berjalan seperti biasa. 

Selain itu, KH Marzuki Mustamar juga dalam posisi hanya bisa menerima keputusan organisasi. 

"Kami enggak pernah nonyol-nonyol (mendesak), kami hanya nerimo ing pandum (menerima bagian), nerimo dawuh (menerima arahan), samina wa athona (mendengar dan mengikuti). Disuruh kerja, kerja. Disuruh berhenti, ya berhenti, kami enggak pernah minta-minta," bebernya kepada awak media.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
13:58
04:50
00:51
13:49
02:14
Viral