Penulis Norwegia Jon Fosse diganjar Nobel Sastra 2023.
Sumber :
  • Wikipedia

Jon Fosse, Anugerah Nobel Sastra dan Ketakutan Ketakutannya

Jumat, 6 Oktober 2023 - 13:48 WIB

London, tvOnenews.com- Jon Fosse, penulis Norwegia diberitahu mendapat anugerah Nobel Sastra lewat telepon saat mengemudikan mobil. "Sangat terharu dan sedikit takut," kalimat pertama yang diucapkan Fosse menjawab panitia Nobel yang menghubunginya saat tengah menjelajah pedesaan Norwegia seperti dilansir dari laman independent.co.uk. 

Jon Fosse diganjar Nobel Sastra atas drama dan prosa-prosanya yang menyuarakan sesuatu yang tidak dapat diungkapkan, kata Akademi Swedia di Stockholm, yang menganugerahkan penghargaan itu. Fosse terkenal dengan gaya khasnya yang dikenal sebagai “Fosse minimalisme.”

Gaya khas ini secara jelas ditampilkan dalam novel keduanya Stengd gitar (1985), di mana Fosse menyajikan “variasi mengerikan" pada salah satu tema utama Fosse tentang ketidakberesan, kata akademi tersebut, dikutip dari Anadolu.

Seorang juru bicara komite Nobel lain mengatakan, "Karya besar Jon Fosse yang ditulis dalam bahasa Norwegia Nynorsk dan mencakup berbagai genre, terdiri dari banyak sekali drama, novel, kumpulan puisi, esai, buku anak-anak, dan terjemahan. Meskipun saat ini ia merupakan salah satu penulis drama yang paling banyak dipentaskan di dunia, ia juga semakin dikenal karena karya-karya prosa-nya."

Stengd gitar karya Fosse menceritakan kisah Liv, seorang wanita muda yang hidup sendiri dengan bayinya, dan dia sering merasa terisolasi dan terasing dari dunia.

Suatu hari, Liv keluar dari apartemennya untuk membuang sampah ke saluran pembuangan. Namun, dia secara tidak sengaja mengunci dirinya di luar, meninggalkan bayinya di dalam. Liv panik dan tidak tahu harus berbuat apa. Dia tidak bisa masuk kembali ke apartemennya, dan dia tidak bisa meninggalkan bayinya sendirian.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral