LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
Seekor labah dalam sarangnya
Sumber :
  • matthewtrader.com

Daur Hidup Lebah dan Perannya Bagi Peradaban Manusia

Tahukah kamu kalau daur hidup lebah berbeda-beda tergantung 'kasta' atau jenis pekerjaan yang akan dilakukan? Daur hidup lebah dapat dibagi ke dalam empat fase.

Senin, 14 Maret 2022 - 15:01 WIB

Tahukah kamu kalau daur hidup lebah berbeda-beda tergantung 'kasta' atau jenis pekerjaan yang akan dilakukan?

Apakah itu tipe lebah penyendiri atau koloni, daur hidup lebah dapat dibagi ke dalam empat fase yakni telur, larva, pupa, dan dewasa. Seperti yang telah disampaikan pada awal artikel ini, masa pertumbuhan lebah berbeda-beda tergantung kastanya.

Lebah sendiri masuk ke dalam kategori serangga dan memiliki relasi yang erat dengan tawon dan semut. Paling tidak ada 16.000 spesies lebah yang 90 persennya hidup berkoloni.

Lebah diketahui hidup di semua benua kecuali Antartika. Utamanya lebah hidup dimana terdapat tumbuhan berbunga yang proses penyerbukannya harus dibantu oleh serangga. Kegunaan hewan sejuta manfaat ini sendiri telah diketahui dan dimanfaatkan manusia paling tidak selama ribuan tahun.

Baca Juga :

Ada tiga kasta berbeda dalam koloni lebah yang memiliki fungsinya masing-masing yakni ratu lebah memiliki tugas utama untuk bertelur, lebah pekerja merupakan lebah yang tak bisa melakukan proses reproduksi, dan lebah jantan yang tugas utamanya untuk menemukan dan mengawini lebah ratu. Berbeda dengan lebah pekerja, lebah pejantan ini tidak bisa menyengat.

Daur Hidup Lebah

Secara umum lebah memiliki daur hidup yang serupa, yakni dimulai dari fase telur, dilanjutkan dengan tahap larva, kemudian pupa sebelum akhirnya mencapai tahap kedewasaan.

Lebah-lebah dari kelas yang berbeda diketahui memiliki masa pertumbuhan yang berbeda. Lebah jantan (kadang disebut lebah prajurit) memiliki masa pertumbuhan 24 hari, lebah pekerja memiliki masa pertumbuhan 18-22 hari, sedangkan ratu lebah memiliki masa pertumbuhan lebih cepat yakni 16 hari. Berikut penjelasan lengkap dan sederhana tentang daur hidup lebah.

Fase telur

Sebuah telur diletakkan oleh seekor ratu lebah di dalam sarangnya yang jika dilihat lebih detail berbentuk heksagonal atau persegi enam. Telur seukuran bulir nasi ini diletakkan dalam kondisi berdiri namun akan jatuh menyamping pada hari ketiga.

Faktor penentu jenis kelamin dari lebah adalah dari ratu lebah sendiri. Telur-telur yang telah dibuahi oleh ratu lebah akan menjadi lebah betina dan kemudian akan tumbuh sebagai lebah pekerja atau menjadi calon ratu lebah baru. Sedangkan telur yang tak dibuahi akan menjadi lebah jantan.

Jenis kelamin lebah dapat diketahui pada fase telur karena ratu lebah akan memasukkan telur lebah jantan dalam ruang yang lebih besar ketimbang ruang milik lebah pekerja. Sedangkan telur calon ratu lebah juga akan diletakkan ke dalam lokasi yang berbeda dari ruang telur lebah jantan dan pekerja.

Seekor ratu lebah dapat mengeluarkan sebanyak 2.000 hingga 3.000 telur perharinya.

Fase larva

Setelah tiga hari, telur-telur ini akan berkembang menjadi larva yang mirip sekali dengan ulat berwarna putih. Larva-larva ini tak memiliki kaki dan mata sehingga harus diberi makan oleh lebah-lebah muda.

Larva ini diberi nutrisi oleh lebah yang belum pernah meninggalkan sarang dengan madu selama beberapa hari. Makanan utama yang dikonsumsi oleh larva lebah adalah serbuk sari.

Saat larva-larva ini tumbuh mereka akan menanggalkan kulit luarnya beberapa kali. Kemudian setelah sekitar enam hari, ruang telur dimana larva ini disimpan akan ditutup dengan beeswas (lilin lebah) oleh lebah pekerja.

Fase pupa

Di dalam ruang telur yang telah ditutup itu, larva ini mulai bermetamorfosis untuk berubah menjadi kepompong untuk mulai memasuki fase pupa. Larva menjadi pupa dengan kelenjar yang terletak di bawah mulut. Kelenjar ini digunakan untuk memproduksi benang sutra yang nantinya akan membungkus tubuh larva.

Sebagai informasi, lebah adalah hewan dengan metamorfosis sempurna, sama seperti kupu-kupu atau nyamuk. Artinya dalam proses pertumbuhannya, lebah memiliki bentuk yang berbeda-beda sesuai tahap perkembangannya.

Sebelum mencapai tahap dewasa, kepompong - kepompong berwarna semi transparan ini berkembang menjadi lebah dewasa dengan menumbuhkan organ-organ tubuhnya seperti sayap, kepala, kaki, thorax, dan juga abdomen. Pada tahap ini rambut-rambut halus juga akan mulai tumbuh menutupi sekujur tubuh lebah muda.

Fase dewasa (imago)

Pada tahap terakhir daur hidup lebah, lebah-lebah muda yang telah dewasa keluar dari ruang telur heksagonalnya dengan menggerogoti lilin lebah yang menutup ruangannya.

Fakta unik tentang lebah yang beranjak dewasa ini, usai keluar dari ruang telurnya lebah-lebah muda (sebenarnya sudah dapat disebut sebagai lebah dewasa) akan segera membersihkan ruangan tempat ia dibesarkan untuk memberi ruang kepada telur-telur baru yang segera disimpan oleh ratu lebah.

Ketika keluar dari sarangnya, lebah dewasa ini akan langsung menjalankan tugas sesuai pembagian kelas dan jenis kelamin yang sudah ditentukan oleh ratu lebah saat meletakkan telur di sel sarang.

Lebah pekerja akan mulai mencari makan dan membangun sarang, lebah prajurit bertugas untuk menjaga sarang, dan ratu lebah bertugas memimpin koloni lebah. Ada kalanya ketika koloni terlalu besar, ratu lebah akan membawa sebagian koloninya pergi dan membangun sarang baru.

Usia lebah madu ini bervariasi tergantung pada fungsinya dalam koloni. Lebah jantan dapat hidup rata-rata selama 55 hari. Lebah jantan yang kawin dengan ratu lebah biasanya langsung mati pasca proses pembuahan. Lebah pekerja dapat hidup 6 hingga 7 pekan sedangkan ratu lebah yang dipelihara dengan baik oleh koloninya bisa hidup rata-rata hingga dua tahun.

Proses, peran, dan efisiensi koloni lebah sangat menakjubkan. Perannya bagi kehidupan dan ekosistem pun sangat krusial dan tak tergantikan sehingga lebah harus terus dilindungi dan dilestarikan.

Saking pentingnya, tak terhitung banyaknya tumbuhan yang akan punah jika populasi lebah menurun. Termasuk tanaman-tanaman pangan yang dikonsumsi oleh manusia. Ilmuwan bahkan meyakini bahwa punahnya lebah merupakan tanda awal punahnya peradaban manusia.

Demikian proses daur hidup lebah dari tahap awal hingga dewasa. Semoga informasi singkat ini dapat menambah pengetahuanmu tentang keanekaragaman hayati. (afr)

Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Ahli Hukum Pidana Pertanyakan Alat Bukti Tersangka Pegi Setiawan pada Kasus Pembunuhan Vina Cirebon, Polda Jawa Barat Terpaksa Akui Hal Ini....

Ahli Hukum Pidana Pertanyakan Alat Bukti Tersangka Pegi Setiawan pada Kasus Pembunuhan Vina Cirebon, Polda Jawa Barat Terpaksa Akui Hal Ini....

Kasus pembunuhan sejoli muda Vina dan Eky di Cirebon, Jawa Barat terus menyita perhatian publik usai berlangsungnya sidang praperadilan tersangka Pegi Setiawan.
Video Detik-detik Menegangkan Bareskrim Polri Gerebek Pabrik Narkoba Terbesar di Indonesia, Didapati Para Pelaku Tengah Asik Lakukan Hal Ini...

Video Detik-detik Menegangkan Bareskrim Polri Gerebek Pabrik Narkoba Terbesar di Indonesia, Didapati Para Pelaku Tengah Asik Lakukan Hal Ini...

Bareskrim Polri menggerebek pabrik narkoba atau Clandestine Laboratorium terbesar di Indonesia yang bermarkas di Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur .
Hadirkan Ahli Hukum Pidana di Sidang Praperadilan Pegi Setiawan, Polda Jawa Barat Malah Kelabakan Saat Pembahasan Alat Bukti Tersangka, Faktanya...

Hadirkan Ahli Hukum Pidana di Sidang Praperadilan Pegi Setiawan, Polda Jawa Barat Malah Kelabakan Saat Pembahasan Alat Bukti Tersangka, Faktanya...

Kasus pemerkosaan dan pembunuhan sejoli muda Vina dan Eky di Cirebon terus disorot oleh publik usai berlangsungnya sidang praperadilan tersangka Pegi Setiawan.
Jeritan Suara Hati Ibu Pegi Setiawan Jelang Putusan Sidang Praperadilan, Menaruh Asa ke Jokowi dan Prabowo

Jeritan Suara Hati Ibu Pegi Setiawan Jelang Putusan Sidang Praperadilan, Menaruh Asa ke Jokowi dan Prabowo

Ibu Pegi Setiawan Kartini membesuk anaknya di Gedung Direktorat Perawatan Tahanan dan Barang Bukti (Dirtahti) Polda Jabar, Kamis (4/7/2024) siang. Ia datang bersama kuasa hukum sambil membawa nasi padang dan bolu untuk anak kesayangannya.
Usai Tio Pakusadewo Bongkar Kebobrokan di dalam Lapas, Sipir Ini Akhirnya Jujur Bilang ke Uya Kuya, Sebenarnya...

Usai Tio Pakusadewo Bongkar Kebobrokan di dalam Lapas, Sipir Ini Akhirnya Jujur Bilang ke Uya Kuya, Sebenarnya...

Tio Pakusadewo sempat menjadi buah bibir setelah dirinya menceritakan tentan bisnis gelap yang terjadi di dalam lembaga pemasyarakatan atau lapas di Indonesia.
Masih Berusia 19 Tahun, Marselino Ferdinan Bakal Dipanggil Indra Sjafri untuk Perkuat Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024? Begini Aturannya

Masih Berusia 19 Tahun, Marselino Ferdinan Bakal Dipanggil Indra Sjafri untuk Perkuat Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024? Begini Aturannya

Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, masih berusia 19 tahun ini. Mungkinkah dia bisa dipanggil Indra Sjafri untuk tampil di Piala AFF U-19 2024 ini?
Trending
Pemain Timnas Indonesia Jay Idzes Kena Sial Bersama Venezia Jelang Dimulainya Serie A Liga Italia 2024/2025

Pemain Timnas Indonesia Jay Idzes Kena Sial Bersama Venezia Jelang Dimulainya Serie A Liga Italia 2024/2025

Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes, harus menerima nasib bersama klubnya, Venezia, jelang dimulainya kasta tertinggi Liga Italia, Serie A, musim 2024/2025.
Mengerikan, Cerita Detik-detik Ibu Tewas di Luwu Dilahap Ular Piton

Mengerikan, Cerita Detik-detik Ibu Tewas di Luwu Dilahap Ular Piton

Baru-baru ini beredar cerita mengerikan soal detik-detik seorang ibu Suriaty (30) tewas dilahap ular piton di Luwu, Sulawesi Selatan.
Pj Gubernur Agus Fatoni Sebut Festival Bunga dan Buah Jadi Momentum Banggakan Budaya Karo di Kancah InternasionaL

Pj Gubernur Agus Fatoni Sebut Festival Bunga dan Buah Jadi Momentum Banggakan Budaya Karo di Kancah InternasionaL

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni mengatakan Festival Bunga dan Buah Karo Tahun 2024 mampu menjadi momentum membanggakan budaya Karo di
Bantu Timnas China Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia, Kiper Singapura Dapat Uang Miliaran, Tak Disangka...

Bantu Timnas China Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia, Kiper Singapura Dapat Uang Miliaran, Tak Disangka...

Kiper Timnas Singapura, Hassan Sunny sempat menjadi perbincangan setelah dirinya tiba-tiba menjadi seorang miliarder usai berhasil menjegal langkah Thailand.
Suara Hati Rising Star Timnas Indonesia ke Media Inggris, Ngaku Sebenarnya Semenjak Gabung Timnas Garuda Dirinya Merasa...

Suara Hati Rising Star Timnas Indonesia ke Media Inggris, Ngaku Sebenarnya Semenjak Gabung Timnas Garuda Dirinya Merasa...

Begini curhatan dari salah satu rising star Timnas Indonesia ke Media Inggris tentang perasaanya semenjak bergabung dengan skuad Garuda.
Bukti Tak Terbantahkan Dibongkar Kapolda Sumbar Irjen Suharyono, Afif Maulana Pamerkan Pedang Panjang Sebelum Tewas di Padang

Bukti Tak Terbantahkan Dibongkar Kapolda Sumbar Irjen Suharyono, Afif Maulana Pamerkan Pedang Panjang Sebelum Tewas di Padang

Kapolda Sumbar, Irjen Suharyono membongkar bukti tak terbantahkan aksi tawuran yang dilakukan Afif Maulana untuk tawuran, seusai ditemukan tewas di sungai.
Perempuan Cantik Korban Asusila Ketua KPU Hasyim Asy'ari Muncul di Mata Publik, Bilang Kalau Dia Berani Jujur Demi…

Perempuan Cantik Korban Asusila Ketua KPU Hasyim Asy'ari Muncul di Mata Publik, Bilang Kalau Dia Berani Jujur Demi…

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari resmi mendapat sanksi pemberhentian tetap buntut kasus dugaan asusila, berlangsung pada Rabu (3/7/2024).
Selengkapnya