Ilustrasi Seorang Anak Mengikuti Salat.
Sumber :
  • Istimewa/pixabay.com

6 Amalan untuk Orang Tua yang Sudah Wafat, Seorang Anak Wajib Mengamalkannya

Jumat, 9 September 2022 - 11:08 WIB

< p>Sumatera - Agama Islam mengajarjan seorang anak harus berbakti kepada kedua orang tuanya. Terutama kepada seorang ibu yang telah melahirkan seorang anak yang saleh dan saleha.  Kemudian, ada sebuah kisah, seorang sahabat Rasulullah yang bertanya kepada Rasulullah saw.

"Ya Rasulullah, siapa yang berhak memperoleh layanan dan persahabatanku? Nabi saw menjawab, ibumu, ibumu, ibumu, kemudian ayahmu, kemudian yang lebih dekat kepadamu dan kemudian yang lebih dekat denganmu." 

Dari kisah ini, sebagai umat muslim, apabila menjadi seorang anak wajib dan harus berbakti kepada ibu dan ayahnya, karena mereka yang telah berjuang untuk membesarkan anak-anaknya menjadi seorang yang saleh dan saleha. Namun, bentuk berbakti itu tidak pada saat kedua orang tua masih hidup, tetapi ketika norang tua sudah meniggal, seorang anak masih bisa berbakti kepada orang tuanya dengan cara mengamalkan 6 amalan.

Enam (6) amalan tersebut sebagaimana yang dijelaskan Ustaz Abdul Somad dalam ceramahnya kepada jemaahnya. Ia sebutkan, amalan yang pertama yang wajib dikerjakan seorang anak untuk orang tuanya, yakni berdoa. 

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral