- Antara
Kisah Perdebatan Imam Syafi'i Terus Dicecar tentang Doa Qunut dalam Shalat Subuh, Diceritakan Gus Baha
tvOnenews.com - Pendakwah asal Rembang, KH Ahmad Bahauddin Nursalim alias Gus Baha membagikan kisah Imam Syafi'i melakukan perdebatan tentang doa qunut dalam shalat Subuh.
Gus Baha menguraikan permasalahan membaca doa qunut saat shalat Subuh dari perspektif yang luas. Salah satunya mengacu pada kisah Imam Syafi'i.
Dalam kisah Imam Syafi'i, Gus Baha menceritakan soal doa qunut shalat Subuh juga menjadi acuannya kerap kali ditanya terkait hal ini untuk menjaga marwahnya sebagai pendakwah dan ulama.
Perdebatan doa qunut dalam shalat Subuh, kata Gus Baha, mengingatkan perbedaan perspektif antara Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.
"Jadi kalau saya di tanya Gus kamu itu kalau sholat subuh pakai Qunut atau enggak? Saya itu ulama jadi saya enggak bakal jawab NU atau Muhammadiyah," ungkap Gus Baha dalam suatu kajiannya dilansir tvOnenews.com dari kanal YouTube SANTRI GAYENG, Jumat (17/1/2025).
- Freepik
Perbedaan pendapat mengenai doa qunut ini mengacu pada penjelasan dari beberapa mazhab.
Gus Baha mengambil contoh dari perbandingan dari Mazhab Imam Syafi'i, Abu Hanifah, Imam Malik, Ahmad Hanbal perihal kewajiban doa qunut saat Subuh.
Bahwasanya Imam Syafi'i mensunnahkan doa qunut untuk dilantunkan pada shalat Subuh, seperti halnya umat Muslim di Indonesia masih mengamalkannya setelah i'tidal rakaat kedua.
Ada pun Imam Malik, Ahmad Hanbal, dan Abu Hanifah tidak mewajibkan doa qunut pada Subuh.
Ia mengingatkan jangan berspekulasi hitungan qunut, seperti Muhammadiyah akan mengikuti Mazhab dari Imam Malik, Ahmad Hanbal, dan Abu Hanifah.
Jika beranggapan seperti itu, menurut Gus Baha, ketiganya bisa diartikan sebagai Muhammadiyah dan Imam Syafi'i adalah bagian NU.
Pendakwah asal Rembang itu memahami perbedaan pendapat ini masih berlangsung sampai sekarang, selama tidak mengganggu keabsahan pahala shalat Subuhnya.
"Setahu saya itu Imam Syafi’i bilang kalau Qunut adalah sunnah, sedangkan Abu Hanifah, Imam Malik dan Ahmad Hanbal bilang qunut tidak sunnah," jelas dia.
"Nah kalau berkubu-kubu dan dipolling tentu yang menang tiga mazhab yang lain kan?," sambungnya menambahkan.
Ia menjelaskan perbandingan mazhab ini akan mengacu bahwa Imam Syafi'i kalah telak soal pendapatnya.
Namun begitu, ia mengagumi kepopuleran Imam Syafi'i yang namanya begitu besar, tidak mempengaruhi pendapatnya soal doa qunut adalah sunnah.
Imam Syafi'i kebetulan menyampaikan pendapat kesunnahan pada doa qunut kurang lebih sekitar tahun 150-204 Hijriah.
Gus Baha menambahkan pendapat doa qunut dari Imam Syafi'i muncul saat Imam Malik dan Ahmad ibn Hanbal masih hidup dan belum wafat.
Dalam kisah ini, Gus Baha menjelaskan perdebatan dirasakan Imam Syafi'i dimulai yang mengaitkan doa qunut dibaca Rasulullah SAW sebulan sekali.
Rasulullah SAW hanya membaca doa qunut Nazilah satu kali dalam sebulan mengacu pada salah satu penjelasan dari hadis riwayat.
"Syafi'i, kamu kan tahu betul kalau Nabi hanya qunut sebulan, bukan? Sesuai dengan hadis masyhur yang menyebutkan bahwa Nabi melakukan Qunut hanya satu kali itupun qunut Nazilah," terang Gus Baha.
Hadis riwayat mengenai doa qunut dibaca sekali oleh Rasulullah SAW, seperti ini bunyinya:
النبي صلى الله عليه وسلم بعد الركوع شهرا يدعو على وذكوا ويقول عصية عصت الله ورسوله
"Rasulullah qunut (seusai rukuk selama sebulan mendoakan (buruk) Ri'lan dan Dakwan, sebab sudah durhaka pada Allah dan Rasul-Nya (karena penduduk Ri'lan telah membunuh para penghafal Al Quran." (HR. Muslim)
Kemudian, murid kesayangannya Mbah Moen itu menjelaskan respons dari Imam Syafi'i setelah dibantah kewajiban doa qunut.
Saat itu, Imam Syafi'i mengambil peribahasa dari pelaksanaan shalat qabliyah dan ba'diyah hanya satu kali.
Imam Syafi'i menyamakan sunnah dari kedua ibadah tersebut diibaratkan seperti dikerjakan sekali.
Para pendukung Imam Malik yang mengajak debat kepada Imam Syafi'i langsung meresponsnya, bahwa qabliyah dan ba'diyah tetap bersifat sunnah sampai hari Kiamat kelak.
Perdebatan mulai memanas dari contoh spekulasi sedekah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW hanya 1-2 kali. Bagi mereka, beliau tidak setiap waktu melakukan amalan tersebut.
Penggemar Imam Malik berasumsi jika sedekah secara terus-menerus, bahwa Nabi SAW melakukan amalan serupa di waktu tidur. Menurut mereka sangat aneh.
Lebih lanjut, Gus Baha kembali memaparkan kisah perdebatan Imam Syafi'i dan pendukung Imam Malik merembet ke pembahasan puasa sunnah Senin Kamis.
Gus Baha mengatakan mereka menggenjot penjelasannya antara puasa Senin Kamis dilakukan setiap hari dan sekadar pada waktu pelaksanaannya.
Bagi pendukung Imam Malik, kesunnahan Senin Kamis tetap bersifat mutlak sampai hari Kiamat.
Hal ini menguatkan spekulasi penggemar Imam Malik terkait kewajiban doa qunut yang dibaca secara terus-menerus akan merasa aneh. Meskipun hukum sunnahnya juga berlaku hingga hari Kiamat.
Gus Baha menutupkan perdebatan dari kisah Imam Syafi'i soal doa qunut shalat Subuh diambil dari kiyasan sedekah dan puasa sunnah Senin Kamis.
(hap)