Ilustrasi mengamalkan dzikir dan doa setelah shalat fardhu.
Sumber :
  • Pixabay

Setelah Shalat Fardhu Dosa Langsung Diampuni Allah SWT, Amalkan Urutan Dzikir dan 10 Bacaan Doa yang Tepat

Rabu, 21 Agustus 2024 - 22:55 WIB

tvOnenews.com - Dzikir dan doa menjadi aktivitas amalan setelah mengerjakan shalat fardhu untuk mengingat dan meminta hingga memohon ampunan kepada Allah SWT.

Surah Qaf ayat 39-49 menjadi dalil Al-Quran untuk umat Islam mendapat anjuran memperbanyak dzikir dan doa setelah shalat fardhu, Allah SWT berfirman:

فَاصْبِرْ عَلٰى مَا يَقُوْلُوْنَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوْعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ الْغُرُوْبِ ۚ, وَمِنَ الَّيْلِ فَسَبِّحْهُ وَاَدْبَارَ السُّجُوْدِ

Faṣbir ‘alaa maa yaquuluuna wa sabbih bihamdi rabbika qabla tuluu‘isy-syamsi wa qablal-guruub. Wa minal-laili fasabbihhu wa adbaaras-sujuud.

Artinya: "Maka, bersabarlah engkau (Nabi Muhammad) terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah seraya bertahmid (memuji) Tuhanmu sebelum terbit dan terbenamnya matahari. Bertasbihlah pula kepada-Nya pada sebagian malam hari dan setiap selesai shalat." (QS. Qaf, 50:39-40)


Ilustrasi mengamalkan dzikir dan doa setelah menunaikan shalat fardhu. (Freepik)

Adapun dalil Al-Quran lainnya menjelaskan perintah kepada umat Islam selalu memperbanyak amalan dzikir dari Surah Al-Ahzab ayat 41-42, Allah SWT berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اذْكُرُوا اللّٰهَ ذِكْرًا كَثِيْرًاۙ, وَّسَبِّحُوْهُ بُكْرَةً وَّاَصِيْلًا

Yaa ayyuhal-laziina aamanuzkurullaaha zikran kasiiraa, Wa sabbihuuhu bukrataw wa asiilaa.

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, ingatlah Allah dengan dzikir sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang." (QS. Al-Ahzab, 33:41-42)

Surah An-Nisa ayat 103 juga menerangkan orang Muslim setelah mengerjakan shalat fardhu dianjurkan untuk berdzikir dalam berbagai kondisi, Allah SWT berfirman:

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral