8 Tanda Wafat Khusnul Khotimah yang Disebutkan Rasulullah SAW, Nomor 5 Sering Terjadi di Sekitar.
Sumber :
  • Istockphoto

8 Tanda Wafat Khusnul Khotimah yang Disebutkan Rasulullah SAW, Nomor 5 Sering Terjadi di Sekitar

Selasa, 20 Agustus 2024 - 22:04 WIB

tvOnenews.com - Ada delapan tanda seorang muslim wafat dalam keadaan khusnul khotimah yang pernah disebutkan Rasulullah SAW.

Meninggal dalam keadaan husnul khatimah adalah dambaan setiap Muslim saat ajal menjemput. Husnul khatimah, yang bermakna "akhir yang baik," adalah keadaan wafat dalam kondisi yang diridhai oleh Allah SWT. 

Dalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benarnya takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam" (QS. Ali Imran: 102). 

Ayat ini menegaskan pentingnya meninggal dalam keadaan husnul khatimah, yaitu tetap dalam iman Islam.

Rasulullah SAW juga bersabda, "Amalan tergantung pada penutupnya" (HR. Bukhari). Hadis ini menekankan bahwa akhir hidup seseorang sangat menentukan bagaimana ia dipandang oleh Allah SWT, dan oleh karenanya, husnul khatimah menjadi tujuan akhir setiap Muslim.

Dengan memahami tanda-tanda husnul khatimah, kita dapat lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi akhir kehidupan.

Dengan demikian, kita bisa sebaik-baiknya dan senantiasa berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT agar dapat meraih akhir yang baik.

Dalam ajaran Islam, ada beberapa tanda yang menunjukkan seseorang meninggal dalam keadaan husnul khatimah, sebagaimana dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW. 

Lantas apa 8 ciri orang meninggal dalam keadaan Husnul Khatimah menurut Islam? Berikut adalah tanda-tanda tersebut yang dapat dijadikan pedoman bagi setiap Muslim.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral