Viral Pria Ajak Poligami Meski Sudah Beristri 4, Ustaz Abdul Somad Ingatkan Bukanlah Nafsu tapi Mengurangi Istri atau Menambah? Coba Simak Penjelasan Ini.
Sumber :
  • dok.tangkapan layar youtube/tiktok

Viral Pria Ajak Poligami Meski Sudah Beristri 4, Ustaz Abdul Somad Ingatkan Bukanlah Nafsu tapi Mengurangi Istri atau Menambah? Coba Simak Penjelasan Ini

Sabtu, 1 Juni 2024 - 10:17 WIB

Jakarta, tvOnenews.com- Beredar di media sosial Twitter sebuah video mengajak untuk poligami, diduga ia sudah punya istri 4. Ustaz Abdul Somad memberikan penjelasan terkait poligami di dalam islam yang kerap kali dimaknai salah.

Dalam penjelasannya, ia memberikan alasan mengapa ada dan tujuannya untuk apa poligami? yang tayang di Youtube Supir Ustadz. Ia jelaskan poligami ada karena lima alasan dalam islam yaitu:

Pertama, jangan pahami secara tekstual soal poligami, seperti perbanyak istri semata. Pada zaman nabi Muhamaad saw poligami sudah dilakukan tapi durasi Rasullullah poligami lebih singkat, dibandingkan ia monogami (satu pasangan).


"nabi Muhammad saw menikah dengan Siti Khadijah monogami (istri tunggal) selama 45 tahun, baru poligami sekitar 10- atau 12 tahun. Kemudiam, mana yang lebih lama kehidupan nabi monogami atau poligami?," kata Ustaz Abdul Somad dikutip, Sabtu (1/6/2024)


Kedua, Ustaz Somad menjelaskan bolehnya Poligami di islam juga sudah diatur dalam Al-Quran. Namun, ada aturannya, di mana pria harus bisa berlaku adil, sebagaimana dalam Surah An-Nisa ayat 3:


وَاِنْ خِفْتُمْ اَلَّا تُقْسِطُوْا فِى الْيَتٰمٰى فَانْكِحُوْا مَا طَابَ لَكُمْ مِّنَ النِّسَاۤءِ مَثْنٰى وَثُلٰثَ وَرُبٰعَۚ فَاِنْ خِفْتُمْ اَلَّا تَعْدِلُوْا فَوَاحِدَةً اَوْ مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْۗ ذٰلِكَ اَدْنٰٓى اَلَّا تَعُوْلُوْاۗ ۝٣

wa in khiftum allâ tuqsithû fil-yatâmâ fangkiḫû mâ thâba lakum minan-nisâ'i matsnâ wa tsulâtsa wa rubâ‘, fa in khiftum allâ ta‘dilû fa wâḫidatan au mâ malakat aimânukum, dzâlika adnâ allâ ta‘ûlû

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
13:58
04:50
00:51
13:49
02:14
Viral