Jemaah Indonesia Ditengarai Alami Dimensia, Begini Gejala yang Perlu Dipahami.
Sumber :
  • dok.Kementerian Agama/mch

Jemaah Haji Indonesia Ditengarai Alami Dimensia, Begini Gejala yang Perlu Dipahami

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:37 WIB

Jakarta, tvonenews.com- Sejumlah jemaah indonesia ditengarai mengalami dimensia. Hal ini diketahui,.mengingat jumlah lansia mencapai sekitar 45ribu, dinilai memungkinkan terjadi.

 

Menurut Kepala Seksi Layanan Lansia, Disabilitas, dan PKP3JH Dokter Leksmana Arry Chandra mengatakan, ada jemaah lansia yang mengalami kelupaan saat menunaikan ibadah haji.


Kasus yang ditemui, umumnya baik lupa nama, keluarga, atau merasa dirinya masih berada di kampung halaman. Hal ini dikonfirmasi dengan temuan Tim Media Center Haji (MCH) yang sering menjumpai dan mengantarkan jemaah haji lansia dan diduga menderita gejala dimensia.


"Gangguang ini secara umum dipicu oleh dua hal, baik karena faktor sosial atau psikososial maupun faktor pribadi atau psikologis. Selain itu juga dipicu oleh faktor biologis," urai dr Leksmana dalam laman Kementerian Agama, Selasa (21/5/2024)

 

Sehubungan dengan ini, gejala dimensia yang perlu diketahui seperti: mudah lupa, terutama untuk kejadian-kejadian yang baru saja dialami. Kemudian, sulit mempelajari hal baru, sulit konsentrasi, sulit mengingat waktu dan tempat, terutama setelah mereka berpindah dari kampungnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
00:55
02:20
08:04
01:27
01:32
Viral