Sempat Ramai Dibahas Usai Gibran Singgung SGIE di Debat Cawapres, Apa Sebenarnya SGIE dan Bagaimana Posisi Halal Indonesia di Dunia?.
Sumber :
  • Istimewa

Sempat Ramai Dibahas Usai Gibran Singgung SGIE di Debat Cawapres, Apa Sebenarnya SGIE dan Bagaimana Posisi Halal Indonesia di Dunia?

Sabtu, 27 Januari 2024 - 17:06 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - SGIE sempat marak diperbincangkan oleh sejumlah warga Indonesia

Hal ini terjadi usai Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka melontarkan pertanyaan kepada Muhaimin Iskandar terkait bagaimana meningkatkan peringkat Indonesia dalam SGIE.

Lantas apa sebenarnya SGIE dan dimana posisi Indonesia pada peringkat dunia? Simak penjelasan berikut.

SGIE adalah singkatan dari State of the Global Islamic Economy.

SGIE merupakan laporan tahunan resmi yang dirilis oleh Dinar Standard, suatu lembaga riset asal Dubai, menurut penjelasan pakar Ekonomi Syariah dari Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Airlangga (FEB Unair), Dr Imron Mawardi SP Msi, dikutip dari lama RRI.

Imron menjelaskan bahwasannya Dinar Standard kerap melakukan penilaian terhadap perkembangan ekonomi syariah di dunia. Sebanyak 80 negara tercatat telah masuk dalam penilaian SGIE Report.

Dalam keterangannya, lebih lanjut Imron menyebutkan terdapat parameter yang terdiri dari enam indikator dalam SGIE Report. Indikator tersebut yaitu, Keuangan Islam; Makanan Halal; Wisata Ramah Muslim; Fashion Muslim; Media dan Rekreasi Muslim; serta Obat-Obatan dan Kosmetik Halal

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
13:58
04:50
00:51
13:49
02:14
Viral