Jangan Mendzalimi Dirimu Sendiri di Empat Bulan Ini, Tafsir Surah At Taubah Ayat 36.
Sumber :
  • istockphoto

Jangan Mendzalimi Dirimu Sendiri di Empat Bulan Ini, Tafsir Surah At Taubah Ayat 36

Sabtu, 13 Januari 2024 - 03:09 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Dalam Islam ada empat bulan haram.

Haram yang dimaksud adalah setiap Muslim dilarang melakukan hal-hal yang tidak baik di empat bulan tersebut, misalnya berperang.

Pada empat bulan ini, setiap Muslim disarankan melakukan banyak amalan.

Empat bulan haram atau yang dimuliakan itu adalah Zulqa'dah, Zulhijjah, Muharram, dan Rajab

Penjelasan mengenai empat bulan haram ini, tercantum dalam Surat At Taubah ayat 36

Berikut lafadz, arti dan tafsirnya.

 ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Inna ‘iddatasy-syuhūri ‘indallāhiṡnā ‘asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-arḍa minhā arba‘atun ḥurum(un), żālikad-dīnul-qayyim(u), falā taẓlimū fīhinna anfusakum wa qātilul-musyrikīna kāffatan kamā yuqātilūnakum kāffah(tan), wa‘lamū annallāha ma‘al-muttaqīn(a).

Artinya:

Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan,326) (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauhulmahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral