Kerjakan Shalat Sunnah Ini, Dijamin Allah Akan Bangunkan Rumah di Surga, kata Ustaz Adi Hidayat Asal Konsisten Selama....
Sumber :
  • Kolase Tim tvOnenews

Kerjakan Shalat Sunnah Ini, Dijamin Allah Akan Bangunkan Rumah di Surga, kata Ustaz Adi Hidayat Asal Konsisten Selama...

Rabu, 1 November 2023 - 17:42 WIB

tvOnenews.com - Ustaz Adi Hidayat dalam salah satu ceramahnya menjelaskan tentang perbedaan shalat sunnah qabliyah dan ba'diyah.

Hadis Abu Daud nomor 1258 menjelaskan tentang shalat sunnah yang waktunya terkait dekat dengan shalat fardhu 5 waktu.

Hadis tersebut membagi dua shalat sunnah, ada yang disebut dengan shalat rawatib. Jamak dari kata ratib yang artinya sesuatu yang tersusun dengan rapi atau sifatnya berurutan.

Kemudian diserap kedalam bahasa Indonesia artinya tertib, berurutan, rapi. 

"Jadi ada shalat sunnah yang waktunya tersusun rapi berurutan dengan shalat fardhu. Terletak sebelumnya atau setelahnya," terang Ustaz Adi Hidayat, dilansir dari Ummu Haniya, Rabu (01/11/23).

Lebih lanjut ia menerangkan, jumlah shalat rawatib tersebut ada 12 shalatnya, disebutkan dalam hadis At-Tirmidzi, nomor hadis 414, riwayat Ummu Habibah RA. 

“Barangsiapa yang shalat 12 rakaat yang mengiringi shalat fardhu siang dan malam. Empat rakaat sebelum shalat dzuhur, 2 rakaat setelah shalat dzuhur, kemudian dua rakaat setelah maghrib, dua rakaat setelah shalat isya dan dua rakaat sebelum subuh.” (HR. Tirmidzi) 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral