Ilustrasi Orang yang Berwudhu.
Sumber :
  • Istockphoto

Tata Cara Wudhu yang Benar, Wajib Dipelajari Agar Sempurna

Sabtu, 29 April 2023 - 11:57 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Wudhu adalah aktivitas ibadah yang wajib dilakukan oleh seseorang untuk mempersiapkan diri ketika hendak shalat. Sementara dalam pengertian lain, wudhu biasanya disebut sebagai proses membersihkan tubuh dari hadats kecil. 

Ketika hendak menjalankan shalat, atau ketika akan memegang mushaf Al-Qur'an, atau ketika hendak melaksanakan thawaf di Baitullah, seorang muslim ataupun muslimah haruslah dalam keadaan suci dari hadats besar dan hadats kecil.

Apabila ada air, atau diperbolehkan terkena air, serta mampu bersuci dengan air, maka untuk bersuci dari hadats besar dan atau hadats kecil tersebut haruslah dengan air. Namun harus dipastikan bahwa air yang digunakan haruslah memenuhi syarat untuk dipakai bersuci.

Cara menghilangkan hadats besar adalah dengan cara mandi besar dan untuk menghilangkan hadats kecil adalah dengan cara wudhu

Empat Anggota Tubuh yang Wajib Dibasuh

Dalam Al-Qur’an dijelaskan ada empat anggota tubuh yang wajib dibasuh saat berwudhu. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam surat Al Maidah ayat 6.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ

Artinya: 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral