Kawasan Kampung Kauman Semarang..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Kampung Kauman, Dari Sini Agama Islam Berkembang di Kota Semarang

Rabu, 15 Maret 2023 - 12:15 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Penyebaran agama Islam di Jawa tak lepas dari pengaruh para alim ulama sejak kerajaan Demak. Mereka berkeliling untuk mengajarkan ilmu agama ke banyak tempat. Termasuk di Semarang. 

Regenerasi turun temurun masih terus berjalan hingga sekarang. Ini bisa dilihat di sebuah kampung religius bernama Kampung Kauman.

Di kampung yang memanjang dari utara ke selatan tersebut, warga mendirikan pondok pesantren, dan membuka toko-toko khusus kitab dan berbagai keperluan untuk ibadah.

Secara umum kota-kota tradisional Jawa berbad lalu memiliki pola yang hampir sama. Yaitu pada pusat kota terdapat kompleks Alun-alun yang dikelilingi bangunan pemerintahan, masjid, dan pasar.

Di sekitar itulah warga kemudian bermukim dan membentuk kampung, biasanya di sekitar masjid makanya, kemudian kampung ini disebut Kauman, artinya kaum beriman.

Kampung Kauman Semarang merupakan  kampung tradisional yang didiami oleh penduduk pribumi. Terbentuk pada masa pemerintahan Ki Ageng Pandan Arang, Bupati Semarang masa itu.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral