Aneka tas hasil kerajinan berbahan serat pohon pisang di Desa Tambong, Kecamatan Kabat, Banyuwangi.
Sumber :
  • Tim tvOne/happy oktavia

Wow! Berbahan Serat Pohon Pisang, Tas Produksi Banyuwangi Tembus Hawai

Kamis, 5 Januari 2023 - 15:12 WIB

Jawa Timur, tvOnenews.com - Berbahan kulit pohon pisang, kerajinan tas produksi warga Desa Tambong, Kecamatan Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur, berhasil tembus pasar ekspor Hawai dan Afrika.

“Kerajinan berbahan serat kulit pisang ini sudah mulai tahun 2000. Sekarang dikelola BUMDes,” kata Nuri, pengelola BUMDes Tambong, Kamis (5/1/2023) siang.

Selain tas, kerajinan berbahan serat kulit pisang ini memproduksi beragam souvenir cantik. Seperti, tempat ponsel, nampan hingga peralatan makan dan minum.

Bahan dasar serat kulit pisang dikreasi dengan batok kelapa. Hasilnya, beragam kerajinan unik berhasil diciptakan warga. Yang menarik, para perajin kebanyakan justru kaum ibu-ibu. 

Kerajinan ini dikerjakan sekitar 150 orang ibu-ibu. Mereka sebelumnya dilatih hingga mahir saat pandemi Covid-19. Dengan kerajinana yang mereka geluti, mampu menopang perekonomian warga.

Selain di eksport ke Afrika dan Hawai, kerajinan serat pohon pisang ini juga di kirim ke wilayah Asia, yakni pasar Thailand.

Saat perhelatan MotoGP di Mandalika, Lombok, NTB, kerjinan rajut kulit pisang juga dijadikan souvenir oleh panitia ajang MotoGP.  

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral