Kompilasi foto hotel The Hermitage Jakarta.
Sumber :
  • (ANTARA/HO Pegipegi)

Lima Bangunan Hotel Ini Peninggalan Sejarah Indonesia

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 13:25 WIB

Jakarta - Banyak bangunan tua yang menjadi saksi bisu perjalanan bangsa Indonesia, beberapa diantaranya kini beralih fungsi menjadi hotel.

Bangunan-bangunan tersebut masih terawat dengan baik, bahkan hotel pun masih beroperasi hingga hari ini. Berikut ini lima hotel yang dialihfungsikan dari gedung bersejarah di Indonesia.


1. The Hermitage Jakarta

Dari tampak luar sudah terlihat bahwa gedung hotel The Hermitage Jakarta adalah peninggalan zaman kolonial Belanda. Diikuti dari siaran pers Pegipegi, Sabtu, gedung ini dibangun pada 1920 sebagai pusat telekomunikasi pemerintah Hindia Belanda, Telefoongebouw.

Beberapa tahun setelah Telefoongebouw, bangunan yang terletak di Cikini ini digunakan sebagai kantor pemerintahan. Pada 1999, lokasi tersebut menjadi Universitas Bung Karno, namun, tidak bertahan lama.

Baru pada 2008 gedung ini berubah menjadi penginapan sambil mempertahankan nilai sejarahnya, terutama dari gaya bangunan dan interior.

Tujuh tahun kemudian, perusahaan Tribute Portofolio mengambil alih kepemilikannya dan mengubahnya menjadi hotel The Hermitage Jakarta.


2. Horison Arcadia Surabaya


Gedung yang kini menjadi hotel Horison Arcadia Surabaya dulu merupakan kantor perusahaan bidang perkebunan milik Belanda, Geo Wehry & co, dibangun pada 1916.

Setelah penjajahan Belanda berakhir, gedung ini sempat tidak terurus. Pada 2017 Grup Brasali mengambil alih kepemilikannya dan mengubahnya menjadi hotel.

Bangunan ini direnovasi, namun, mempertahankan bagian fasad dengan ciri khas bata dan warna merah marun.


3. Hotel Salak The Heritage

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral