Jenang Ganyong, Menu Takjil di Bulan Ramadhan..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Jenang Ganyong, Takjil Tradisional Pemberi Tenaga Seketika

Selasa, 5 April 2022 - 13:59 WIB

Banyumas, Jawa Tengah - Hidangan berbuka puasa atau takjil, lazimnya berasa manis. Ada alasannya, yaitu bisa memberi kesegaran tubuh.

Seperti takjil tradisonal jenang ganyong. Rasa dominan adalah manis gurih dan kaya karbohidrat, sehingga bisa segera memulihkan tenaga seketika, setelah menahan haus dan lapar seharian.

"Bahan utamanya tepung pati ganyong. Seperti tepung lain, kandungan utamanya karbohidrat, bisa langsung memberi energi seketika bagi tubuh," ujar Nurkhasanah, pembuat jenang ganyong di Mersi, Purwokerto.  

Bahkan, dari sejumlah literatur, tepung ganyong memiliki kandungan mineral lebih dibandingkan tepung lain. Sehingga sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh saat berpuasa. 

Jenang ganyong merupakan kudapan khas jajanan pasar. Sudah ada di tradisi kuliner nusantara sejak dahulu.

"Teksturnya kenyal, jadi disuka oleh orang tua dan anak-anak. Kemudian, ada taburan kelapa muda menambah cita rasa gurih," ujarnya. 

Proses pembuatan jenang ganyong relatif mudah dan tidak memerlukan alat khusus. Setelah diuleni dengan air secukupnya, tepung ganyong dimasak di dalam air mendidih bersama gula, sedikit vanili dan potongan kelapa muda.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral